Pengadilan Tipikor Vonis 1 Tahun, Kasus Rehabilitasi SDN Gentong Pasuruan

Detiknews.id Surabaya – Pengadilan Tipikor yang berada di Jalan Raya Juanda Sidoarjo. Menggelar Sidang Putusan Tindak Pidana Kasus SDN Gentong Pasuruan dari rencana tuntutan Jaksa Penuntut Umum menuntut terdakwa 1 tahun 3 bulan. Kasus yang disidangkan adalah Rehabilitasi SDN Gentong Kota Pasuruan pada tahun Anggaran 2012. Dengan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp. 85.763.300,35,-

Hakim Tipidkor DR. Lufsiana SH MH, menuturkan, untuk Perkara SDN Gentong ini banyak yang terlibat. Pertamanya Kepala Dinasnya seperti dalam putusan tadi Kepala Dinasnya ini memang yang menginginkan terdakwa selaku BPK serta yang pemborongnya.

“Pemborongnya ini yang menginginkan untuk dikerjakan jadi kepala Dinas yang menyuruh untuk mengerjakan proyek ini dengan alasan Kepala Dinas dia disuruh oleh diminta oleh Walikota Pasuruan. Jadi peran Kepala Dinas pun juga sangat besar dalam hal ini, tapi perlu dicermati bahwa terdakwa hanya melaksanakan perintah atasannya yaitu Kepala Dinas.

Selain itu, dia telah mengembalikan semua keuangan negara senilai 85 juta, untuk meringankannya. Kembali lagi sebenarnya hanya melaksanakan perintah atasan. Hukuman yang dijatuhkan adalah 1 tahun kemudian denda 50 juta sesuai Pasal 3, itu juga dibuktikan oleh Jaksa Penuntut Umum.

“Kami sepakat dengan JPU, 1,3 tahun atau 1 tahun 3 bulan. Hakim memvonis 1 tahun. Keinginan terdakwa agar Kepala Dinas juga di proses di Pengadilan Tipikor termasuk Dedi Mariyanto sebagai pemborongnya,” jelasnya.

Penasihat Hukum Rudy Murdany SH (kanan.red) didampingi Gayuh SB, SH (kiri.red) / M9

Komentar

Berita Terkait