Ratusan Miliar Raib, Ditreskrimum Polda Jatim Borgol Mafia Tanah

Detiknews.id Surabaya – Sejumlah 3 SHM Tanah dengan total Rp. 225 Miliar Raib. Terkait ini, Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menggelar hasil ungkap kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan. Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Jatim berhasil menangkap pelaku Agung Wibowo (42) Makelar Tanah warga Jalan Ahmad Yani Wonocolo Surabaya.

Sang Mafia Tanah Agung Wibowo / M9

MR bersama ibunya EW melapor ke Polda Jatim terkait penggelapan tanah miliknya di tahun 2015, di Desa Tambakoso Kecamatan Waru Sidoarjo berupa SHM nomer 931 seluas 57.741 M², SHM nomer 657 seluas 36.694 M² dan milik EW dari pembelian Hj. Kafilah Supriat seluas 97.468 M²

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Repli Handoko menuturkan, dari sinilah penipuan dan penggelapan ini terjadi. Dengan total tanah SHM tersebut pelapor sepakat untuk menjualnya dengan ijin suaminya H. Musofaini (Almarhum).

“Kemudian Agung Wibowo masuk sebagai makelar jual beli tanah SHM tersebut dengan kesepakatan harga Rp 226 Miliar,” tuturnya. Senin (25/01/2021)

Lanjut Gatot, untuk meyakinkan kepada pelapor, tersangka memulai aksinya dengan menunjukan 1 lemari pakaian yang berisi uang mainan Rp.100 Ribu dan menyerahkan 5 lembar cek kosong Bank Mandiri dengan total nilai Rp. 225 Miliar.

“Dengan aksinya, pelapor terbujuk kemudian menyerahkan 3 SHM-nya kepada tersangka. Selain itu pelapor membuat rekening penampungan pada Bank BCA namun buku dan ATM serta Pin dikuasai tersangka. Dengan alasan untuk memudahkan pengecekan bila ada dana masuk,” ungkapnya.

Komentar

Berita Terkait