Puskesmas Buduran Peduli Covid-19, Bantu Warga Edukasi dan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Detiknews.id Sidoarjo – Puskesmas Buduran yang berlokasi di Jalan Jawa Sidoarjo,  di bawah pimpinan dr. Yoppy Agung patut diapresiasi. Pasalnya berhasil  memimpin timnya dengan solid. Dengan total staf sejumlah 74 orang, 54 tim medis dan 5 dokter. Ikut terjum dilapangan membantu masyarakat dampak dari Covid-19.

Edukasi dan sosialisasi ke masyarakat sering dilakukan hingga membagikan sembako maupun masker. Setelah dr. Yoppy Agung menulis surat kepada Anggota DPR RI Komisi IX Arzeti Bilbina,  disambut baik untuk diberi bantuan berupa APD dan sembako.

“Alhamdulillah,  karena beliau sudah turun ketempat kami saya merasa lega sekali karena yang saya inginkan unek-unek saya tersampaikan untuk permasalahan kami, khususnya yang berkenaan dengan masyarakat sehingga itu bisa dapat fasilitas seperti ini, ” jelas dr.Yoppy Agung selaku Kepala Puskesmas Buduran Sidoarjo.

Menurut dr Yoppy, untuk wilayah sini Alhamdulillah. Teman-teman medis yang disini semangatnya semua bisa terlaksana walaupun kami itu tidak bisa membendung perluasannya. Tim medis kami solid seperti contoh ada pasien positif atau sudah sembuh,  kami peduli kepada mereka.

“Untuk memenuhi kebutuhannya kita telpon diantar kerumah, ditaruh diluar hingga seperti itu pengorbanan kami untuk masyarakat. Jadi membuat saya bangga dan luar biasa sekali teman-teman disini saudara-saudara disini saya bukan apa-apa tanpa mereka disini, ” ungkapnya.

Lanjut dr.Yoppy, untuk protokol kesehatan seperti PSBB dan sebagainya itu bagus sekali untuk memutus mata rantai, pelaksanaannya di daerah kami khususnya mungkin banyak warga yang belum paham. Di wilayah ini kami bersinergi dengan kepolisian dan TNI. Kami semua langsung turun menghadapi masalah dilapangan.

“Masih banyak yang melintas tanpa masker, kami juga sudah membuat banner didepan pas lampu merah. Untuk kawasan wajib masker,  kami juga edukasi dengan  memberi informasi memberikan masker. banyak yang belum menggunakan masker, ” tuturnya. Sabtu (16/05/2020)

dr. Yoppy menambahkan, kita harus stay di rumah itu kembali kesadaran masing-masing, dengan adanya aspirasi yang telah didengar oleh pejabat yang diatas, semoga semua bisa berjalan dengan baik.

“Kalau semua pihak mendukung dan sadar maka Covid-19 akan segera hilang.  Kita akan terus memberikan informasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa paham dan tahu kalau ini adalah masalah kita bersama, ” pungkasnya.

Himbauan Kepala Puskesmas Buduran dr. Yoppy Agung kepada masyarakat adalah untuk pasien yang sudah sembuh ataupun positif Covid-19 yang dikarantina,  jangan dijauhi. Harus disayang jangan dimusuhi. Jangan  ada diskriminasi masyarakat.

Diwilayah ini ada 10 positif, 6 PDP dan 107 ODP dan ODR banyak sekali. Dengan semangat tim medis Puskesmas Buduran, semua bisa tertata. Puskesmas Buduran siap membantu kalaupun ada warga atau saudaran atau tetangganya yang mempunyai kasus positif. (M9)

Komentar

Berita Terkait