Edukasi Kabidhumas Polda Jatim di Talkshow Edutainment Tentang “Kampung Tangguh Semeru” Mendapat Apresiasi

SIDOARJO, Detiknews.id – Belum lama, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Dr. Fadil Imron mendapat penghargaan dan apresiasi yang tinggi dari Kapolri atas inovasi Kampung Tangguh Semeru yang digagasnya. Diketahui, ada sekitar 1559 Kampung Tangguh Semeru yang dimiliki oleh Polda Jawa Timur tersebar di seluruh Polres, Polsek, jajaran di Wilayah Hukum Polda Jawa Timur yang bertujuan untuk menekan angka reaktif Covid 19 di wilayahnya.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. dalam acara Talk Show Edutaiment bertempat di Taman Pikal Sidoarjo, Perumahan Mutiara Citra Apsari, Desa Simogirang, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo pada Sabtu, (20/06/2020) sekira pukul 20.00 sampai 21.30 Wib.

Baca Juga
One Gate System di Madiun, Forkopimda Jatim Tinjau PPKM Micro dan KTS

Kedatangan Kabidhumas Polda Jatim disambut langsung oleh I Ketut Abid Halimi, S.Pd.I. M.Pd. C.Ht., pimpinan proyek Taman Pikal, Anang Sudjtmiko, S.T. dan ketua RT 05 RW02 Inayatur Rahman serta crew Pikal Production Malam itu.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Wisnu mengatakan tentang “Kampung Tangguh Semeru” bagaimana sangat diperlukan oleh masyarakat terutama dalam mekanisme mendirikan kampung tangguh semeru.

Dalam kegiatan acara Talk Show yang semakin guyup dengan diselingi balutan musik Angklung Pikal dan solo akustik serta Lopart Panji Project. Talk Show juga disiarkan secara Live melalui Youtube Channel Sembilan dengan host yang berpengalaman Achmad Junaidi, S.Pd.I. sembari ditemani hawa sejuk, suasana hening pinggir kali sembari terdengar riuh sahut kodok malam itu.

Baca Juga
Sinergitas Polda Jatim dan Unair, Kampung Tangguh Semeru Solusi Problem Oriented Policing

Lanjut Kabidhumas, dalam memberikan edukasi dan sosialisasi tentang Kampung Tangguh Semeru serta menegaskan kembali bahwa kampung tangguh semeru sudah uji materi dan dipaparkan di beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur. Kampung Tangguh Semeru adalah program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar.

Program ini akhirnya diadopsi secara nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara, karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal Covid-19, kata Kombes Pol Trunoyudo.

“Tentang bagaimana tetap bisa hidup sehat tapi tetap produktif, ada item-item kesepakatan antara lain terus melakukan pencegahan, langkah-langkah kuratif tracing, testing dan treatment yang masif, meningkatkan partisipasi publik, pendisiplinan, dan yang penting kantibnas terjaga dan tetap produktif,” ujarnya.

Baca Juga
Stop Covid-19, Kapolda Jatim Tinjau KTS di Gresik

Selanjutnya, ia berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kedisiplinan dalam jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, serta saling mengingatkan antar sesama untuk ikut berpartisipasi menanggulangi penyebaran virus.

“Pertama, disiplin, ini vaksinnya Covid. Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan,” imbuhnya. Bahwa kampung tangguh tersebut bukanlah bersifat formalitas, dan bukan berorientasi pada kuantitas namun pada kualitas.

Sementara itu, Ketut Abid Halimi sebagai narasumber kedua yang juga Motivator Nasional memberi Apresiasi atas gagasan dan inovasi kampung tangguh Kapolda Jatim tersebut

“Ayo kita sambut dan kampanyekan kampung tangguh dengan menjadi pribadi yang tangguh, baik imun dan imannya” tutupnya.

(Daniel)

Komentar

Berita Terkait