oleh

Bupati Indah Putri Indriani Kunjungi Dusun Terpencil Pulao, Pemda Tetap Responsif Atas Masalah Warga

Detiknews.id, SULSEL – Dusun Pulao Desa Sassa Kecamatan Baebunta, mendapat kunjungan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, S. IP, M. Si, beserta Kepala Bappeda Luwu Utara yang juga PLT. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Luwu Utara, Ir. Rusydi Rasyid, M. Si, serta didampingi Camat Baebunta dan Kepala Desa Sassa.


info

DetikNews.ID


AKBP Teddy Chandra S.I.K

setelah ini


lanjut baca berita


Kunjungan ke dusun terpencil di Desa Sassa tersebut, Sabtu 20 Maret 2021 kemari, sebagai respon Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) atas masalah yang dialami oleh warga Dusun Pulao dalam mengakses pelayanan publik.

Sebelumnya beredar sebuah video warga Dusun Pulao yang menderita sakit dan harus ditandu pakai sarung oleh keluarga dan warga menuju fasilitas kesehatan terdekat.

Indah Putri Indriani (pakai kudung abu2 putih)

Merespon unggahan video di media sosial itu, Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, membatalkan rencana perjalanan dinasnya ke Makassar dan segera mengunjungi Dusun Pulao Desa Sassa, untuk meninjau infrastruktur jalan dan kondisi masyarakat di dusun tersebut.

“Jalan ke Dusun Pulao sebelumnya pernah dirabat beton, tapi memang di beberapa titik terdapat kerusakan jalan, terutama di 2 (dua) titik pendakian menuju Pulao,” jelas Bupati Perempuan pertama di Sulawesi Selatan pada media ini via WhatsApp Minggu 21 Maret 2021 pagi.

Sementara juga, Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, yang ikut menyertai kunjungan kerja Bupati Lutra, kepada media ini menjelaskan, pasien yang ditandu pakai sarung dari Dusun Pulao, telah mendapatkan pelayanan kesehatan oleh petugas Puskesmas Baebunta.

Menurut keterangannya, Bidan Desa Salfrida Dampi, yang bertugas di Pustu UPT Buso, mendampingi pasien dalam proses rujukan ke Puskesmas Baebunta.

Kepala Puskesmas Baebunta Hairul Muslimin, SKM saat memberikan keterangan pelayanan kesehatan di Dusun Pulao Desa Sassa

“Bidan Desa menghubungi Puskesmas Baebunta meminta bantuan ambulance, dan bantuan ambulance segera datang menjemput pasien tersebut di ujung jembatan gantung Desa Sassa,” ungkap Hairul Muslimin.

Mobil ambulance memang mengalami kesulitan jika pasien harus dijemput di Dusun Pulao, mengingat kondisi jalan ke Dusun Pulao tidak memungkinkan untuk dilalui mobil ambulance.

Hairul menerangkan, hanya bisa menjemput pasien di ujung jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sassa dan Dusun Pulao itu.

“Kita berterima kasih kepada warga Pulao yang di tengah keterbatasan dan akses jalan yang sulit, tetap berinisiatif menggotong keluarganya ke fasilitas kesehatan. Masyarakat kita tetap berdaya untuk mengakses layanan kesehatan,” terang Kapus Baebunta.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani memberikan tetes polio pada bayi di Dusun Pulao Desa Sassa Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, Sulsel

Dalam kunjungan kerjanya di Dusun Pulao, Bupati Luwu Utara menyempatkan diri untuk menyaksikan secara langsung pelayanan kesehatan kepada bayi dan balita yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Baebunta. Indah bahkan ikut memberikan tetes Vaksin Polio kepada balita dan ikut menenangkan bayi dan balita yang menangis usai disuntik imunisasi oleh petugas kesehatan. (yustus)

Komentar

Berita Terkait