oleh

Batik Danar Hadi Bersama IIDI Surabaya Gelar Talk Show Living in Heritage

Detiknews.id Surabaya – Hari Batik Nasional 2021, Batik Danar Hadi membuka pameran “Living in Heritage” sebagai salah satu pelopor industri, bersama Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) cabang Surabaya. Menggelar Talkshow virtual dengan tema “IIDI Cabang Surabaya Ikut Melestarikan Batik Indonesia” bersama GOW Kota Surabaya, dan KIPA Communication. Kegiatan Talkshow yang diadakan di Rumah Batik Danar Hadi Jalan Diponegoro 184 Surabaya.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Penyerahan Tali asih dari IIDI kepada Batik Danar Hadi dan GOW / M9

Menghadirkan nara sumber, Chusnur Ismiati, S.H., M.M. Ketua Umum GOW Kota Surabaya Materi : “Batik Sebagai Kekuatan Ekonomi Indonesia Abad 21”
dan Asti Suryo Astuti, S.H., K.N. Asisten Manajer Museum Batik Danar Hadi Materi : “Pola Batik Surakarta Dalam Upacara Adat Jawa”.

Batik Danar Hadi merupakan karya warisan leluhur / M9

Ketua IIDI Cabang Surabaya Santi Indra menuturkan, di Hari Batik Nasional 2021 ini kami mengusung konsep santai, dekat, dan interaktif serta disiarkan langsung secara virtual melalui Zoom, Instagram @iidicabangsurabaya, dan You Tube Ikatan Istri Dokter Indonesia Cabang Surabaya.

“Dengan harapan bahwa acara ini dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai Batik Indonesia,” tuturnya. Sabtu (02/10/2021)

Menurut Santi, Batik merupakan karya seni yang memiliki filosofi dan simbol-simbol serta corak yang berbeda di tiap daerah di Indonesia dan memiliki kekhasan kisah-kisah dan makna yang sesuai dengan karakteristik daerahnya. Batik merupakan kostum yang dikenakan raja-raja, para bangsawan atau kaum priyayi, dan para pekerja di lingkungan kerajaan.

“Selain itu, Batik merupakan warisan turun temurun yang telah menjadi identitas masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Karena itu IIDI Cabang Surabaya berkeinginan untuk ikut melestarikan Batik Indonesia. IIDI Cabang Surabaya ikut menghimbau masyarakat luas agar dapat memelihara budaya bangsa,” ungkapnya.

Diana Santosa, Managing Director PT Batik Danar Hadi memaparkan, Batik Danar Hadi selalu melakukan inovasi produk dan mengeluarkan koleksi-koleksi batik terbaru dengan terus mengikuti perkembangan fashion yang semakin modern dan masa kini.

“Batik Danar Hadi, sebagai penjaga wastra kekayaan budaya Indonesia , mampu menterjemahkan nilai-nilai luhur kearifan dalam ragam hias motif batik yang dapat terus diaplikasikan di dalam kehidupan modern saat ini. Danar Hadi berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan menciptakan produk batik terbaik dengan ketahanan warna yang berkualitas,” paparnya.

Ditempat yang sama, Pimpinan Cabang Batik Danar Hadi Surabaya, Dedy Darmawan menambahkan, hari ini kami merayakan Ulang tahun ke-54 serta Hari Batik Nasional 2021. Menampilkan pameran koleksi eksklusif batik Danar Hadi hasil karya maestro Batik Indonesia, Bapak H. Santosa Doellah (Alm), berupa produk wastra batik melalui proses cap dan tulis terbaik. Beliau juga mendapat penghargaan Empu Batik di Indonesia.

“Pembukaan pameran “Living in Heritage” akan dilaksanakan di Ndalem Wuryo Ningratan (House of Danar Hadi – Solo) serta dilakukan di beberapa Rumah Batik Danar Hadi yang ada di Jakarta, Surakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya selama. periode 2 – 31 Oktober 2021,” jelasnya.

Fashion Show dari IIDI memperagakan koleksi Batik Danar Hadi Surabaya / M9

Acara pembukaan pameran ini rencananya akan dihadiri oleh Walikota Solo, mas Gibran Rakabuming Raka, sebagai bentuk perhatian kepada industri kreatif. Batik Danar Hadi juga bekerjasama dengan brand fashion lokal ROWNDVSN untuk meluncurkan jaket series Batik yang akan diberikan kepada tokoh muda di Solo serta akan dilakukan lelang sebagai chanty yang bertujuan untuk membantu penanganan pandemi-di kota Solo.

Selain ini Batik Danar Hadi bekerjasama dengan IIDI, juga menampilkan peragaan busana mengenakan koleksi-koleksi Batik Danar Hadi terbaru. Peringatan Hari Batik Nasional 2021, sebagai kegiatan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai daftar Intagible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Unesco pada tanggal 2 Oktober 2009.

Danar Hadi selalu melestarikan motif tradisional Solo, motif batik asli yang terus melakukan modifikasi dan pengembangan motif yang memiliki resep racikan tersendiri. Dalam proses dasar pembuatan malam, pewarnaan soga serta detail motif sebagai keunggulan batik Danar Hadi yang bisa menciptakan motif batik bernilai seni tinggi.

Untuk menikmati pameran “Living in Heritage’, kunjungi Ndalem Wuryo Ningratan (House of Danar Hadi — Solo) Rumah Batik Danar Hadi Radjiman — Solo, Rumah Batik Danar Hadi Wuryo Ningratan — Solo, Rumah Batik Danar Hadi Semarang, Rumah Batik Danar Hadi Malioboro — Yogyakarta, Rumah Batik Danar Hadi Surabaya, dan Rumah Batik Danar Hadi Melawai — Jakarta.

Rumah Batik Danar Hadi Raden Saleh – Jakarta dan saat ini, koleksi batik Danar Hadi dapat diperoleh di Rumah Batik Danar Hadi (RBDH) yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Medan, Solo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Balikpapan.

Batik Danar Hadi ada di Instagram Store @danarhadi_store dan webstore di www.danarhadistore. co.id. Untuk dapat mengikuti perkembangan gaya dan info terkini dari Batik Danar Hadi bisa mengakses website Batik Danar Hadi www.danarhadibatik.com dan mengikuti media sosial Facebook Batik Danar Hadi dan Instagram @danarhadi_id. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar