oleh

Inklusi Sadar Pajak Wujud Bela Negara, Digelar Kanwil Pajak Jatim I

Detiknews.id Surabaya – Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara, pembahasan Talk Show Pajak Bertutur yang di gelar secara virtual oleh Kanwil DJP Jawa Timur I bekerjasama dengan Forum Tax Center Kota Surabaya. Sebagai wujud bela negara kepada 600 mahasiswa dari 19 Perguruan Tinggi di Kota Surabaya. Tahun ini, selain dilaksanakan oleh Kanwil DJP Jatim I, sebanyak 13 Kantor Pelayanan Pajak di Kota Surabaya mengadakan kegiatan serupa di beberapa SD, SMP dan SMA di Kota Surabaya.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Ini merupakan pengenalan pentingnya pajak yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia setiap tahun. Kali ini, menghadirkan narasumber Kakanwil DJP Jatim I John Hutagaol, Fungsional Penyuluh Madya Kanwil DJP Jatim I Abdul Muis, Fungsional Penyuluh Pratama Gisella Ayu Pradita serta moderator Samsul Arifin.

Wujud bela negara zaman dahulu dan sekarang telah berbeda, jika zaman dahulu bela negara dilakukan dengan pertumpahan darah, saat ini membayar pajak sesuai dengan kewajiban dan ketentuan perpajakan sudah dapat dikatakan sebagai bela negara.

“Kalo zaman dahulu kita harus perang untuk membela negara, kalo sekarang tidak perlu perang, cukup membayar pajak sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, karena 70 persen lebih pembiayaan APBN berasal dari pajak yang kita bayarkan,” ungkap John disela sambutannya.

Di akhir sambutannya John juga berpesan, sudah selayaknya kita sebagai warga Negara Indonesia bangga membayar pajak dan malu menghindar pajak. Bayar pajak sesuai daya pikul kita masing-masing dan lunasi pajak sesuai ketentuan. Mari kita ubah mindset pajak dari kewajiban menjadi hak warga negara karena pembayaran pajak adalah bukti partisipasi kita dalam pembangunan nasional,”

Kanwil DJP Jawa Timur I bekerjasama dengan Forum Tax Center Surabaya sendiri telah melakukan rangkaian kegiatan Pajak Bertutur dari tanggal 9 Agustus dengan lomba Debat Pajak bertema “Tax Debate Competition” yang diikuti oleh 19 Tax Center di Kota Surabaya.

“Minggu kemarin kami telah menyelesaikan rangkaian acara debat pajak yang dimenangkan oleh UHW Perbanas Surabaya sebagai Juara I, Universitas Airlangga sebagai Juara II dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya sebagai Juara III,” ungkap John. Kamis (26/08/2021)

Rangkaian talkshow ditutup dengan pemberian penghargaan kepada perguruan tinggi yang ikut melaksanakan kegiatan inklusi kesadaran pajak di masing-masing civitas akademika termasuk penyerahan simbolis hadiah lomba debat pajak yang diselenggarakan pada 10 hingga 16 Agustus silam. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar