Detiknews.id Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), memastikan kesiapan penuh dalam menghadapi lonjakan aktivitas bongkar muat. Selama periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. Berbagai strategi operasional telah disiapkan, guna menjaga kelancaran layanan. Serta mendukung arus logistik nasional.
TPS siaga beroperasi non-stop 24 jam sehari selama 7 hari. Sebagai bagian dari persiapan, TPS menggelar Rapat Koordinasi bersama para pemangku kepentingan pada Rabu (10/12) di Kantor TPS. Rapat dihadiri oleh Bea Cukai Tanjung Perak, Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Jawa Timur, PT Multi Terminal Indonesia (MTI), Ketua DPW ALFI/ILFA Jawa Timur, serta Ketua DPW Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) Jawa Timur.
TPS telah menyusun forecast Berth Allocation (BA MAP) dan melakukan koordinasi intensif dengan shipping line untuk memastikan kelancaran jadwal kapal. Guna meningkatkan produktivitas, TPS menambah tiga unit reach stacker. Serta menyesuaikan jadwal maintenance, agar tidak mengganggu operasional selama periode padat.
Pengelolaan Container Yard (CY), dilakukan melalui penerapan konsep flexible block, penataan maksimum tier untuk kapal feeder. Serta penyediaan buffer block. Untuk kontainer berpendingin (reefer). TPS mengoptimalkan ketersediaan plug, menambah plug di blok tertentu, serta menyiapkan opsi sewa genset. Monitoring reefer, dilakukan setiap empat jam untuk memastikan kecukupan daya listrik.
Dari sisi sumber daya manusia, TPS menyiapkan personel tambahan untuk menjamin layanan tetap optimal. Pengaturan ulang jalur antrean ekspor dan impor di area gate dilakukan, termasuk pembukaan gate tambahan dan penyediaan jalur buffer. Sebagai bentuk layanan kepada pengguna jasa, TPS juga menyediakan pembagian snack bagi pengemudi truk selama periode puncak.
Tim Teknologi Informasi (IT) memastikan sistem operasional berjalan normal dengan dukungan personel tambahan untuk mengantisipasi potensi gangguan sistem. Sementara itu, aspek HSSE diperkuat melalui peningkatan patroli keamanan, penambahan mobil patroli. Serta pengawasan ketat terhadap akses masuk terminal.

Empat TPS Magetan Pemungutan Suara Ulang, KPU RI dan KPU Jatim Saksikan Pendistribusian Logistik
TPS juga mengajak seluruh pemangku kepentingan, termasuk Bea Cukai, Karantina, Depo PLP, dan asosiasi terkait. Untuk mendukung kelancaran operasional melalui fleksibilitas pemeriksaan, kesiapan personel. Serta pengaturan arus barang dan kendaraan.
“Sebagai gerbang logistik utama di Jawa Timur. Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik, selama periode Natal dan Tahun Baru. Seluruh langkah ini, kami lakukan untuk memastikan kelancaran arus barang dan mendukung perekonomian nasional,” ujar Direktur Operasi TPS, Noor Budiwan.
Selama periode libur Natal dan Tahun Baru, TPS beroperasi non-stop 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pengguna jasa yang memiliki pertanyaan atau keluhan dapat menghubungi Customer Service TPS yang siaga 24/7 melalui telepon (031) 320 2020 atau email cs@tps.co.id. (M9)




Komentar