Bupati Umumkan Kasus Pertama Positif Corona Di Melawi

Melawi, Detiknews.id – Pemerintah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat mengumumkan kasus pertama seorang warganya yang positif terinveksi virus corona (Covid-19).

Pasien berjenis perempuan berusia 65 tahun itu sebelumnya pernah dirawat di dua klinik kesehatan di Kota Nanga Pinoh, sebelum dirujuk ke RSUD Soedarso.

Panji, dalam konferensi pers di Kantor Bupati Melawi, Selasa (14/04/2020) Sore menyampaikan, kepastian seorang warganya positif Covod-19 setelah hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar.

Pasien yang merupakan warga asal Desa Senempak, Kecamatan Pinoh Selatan, saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD Soedarso Pontianak dengan diagnosa penyakit jantung dan terkorfirmasi positif Covid-19.

Panji kembali menegaskan, melalui tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 akan melakukan langkah-langkah tindak lanjut terintegritasi dengan menimbang berbagai aspek dan segera dilaksanakan khususnya di Desa Senempak dan Desa Kenual, Kecamatan, Nanga Pinoh, dimana yang bersangkutan pernah tinggal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Jawahir menghimbau, kepada seluruh warga Kabupaten Melawi agar tidak memberikan stigma negatif atau mengucilkan kepada siapapun yang terdampak di tengah pandemi corona. Pihaknya akan melakukan upaya penyemprotan disinfektan ke tempat yang bersangkutan pernah tinggal dan melakukan rapid test kepada keluarga maupun orang-orang yang secara langsung pernah berinteraksi dengan pasien, “imbuhnya.

Ahmad Jawahir menambahkan, agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik, namun, tetap siaga sesuai dengan prosedur protokol pemerintah dalam mencegah Covid-19.”Saat bepergian saat kepentingan mendesak gunakan masker. Hindari kerumuman, cuci tangan pakai sabun. Berolahraga yang teratur, dan konsumsi makanan bergizi. Dengan doa dan ikhtiar ini Insya Allah kita menang lawan virus ini,” kata Ahmad Jawahir lagi. (010)

Komentar

Berita Terkait