Polda Jatim Siaga 16 Posko, Antisipasi Bencana Alam

Detiknews.id Surabaya – Dalam rangka giat antisipasi adanya bencana alam terutama bencana banjir pada saat ini, Polda Jatim membuat pendirian Posko Bencana Alam. Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si telah memerintahkan polres/ta jajarannya untuk mendirikan posko tanggap bencana alam dimaksud diwilayahnya masing-masing, di beberapa titik yang strategis.

Daerah rawan banjir di Jawa Timur Bondowoso, Lamongan, Tuban, Ngawi juga. Rawan longsor juga ada di daerah Mataraman, daerah Trenggalek ke atas itu rawan dan Malang Kabupaten. Jadi ada beberapa yang kami siapkan termasuk alat-alat berat, kami geser kami dekatkan di daerah pegunungan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si mengatakan Kita untuk siaga bencana untuk masing-masing Polres sudah bekerjasama dengan dengan pemerintah daerah masing-masing, kita sudah membangun posko terutama daerah yang langganan banjir.

” Sehingga apabila terjadi bencana pertolongan kepada warga masyarakat dengan cepat dapat dilakukan dan dampak bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin,” tuturnya. Sabtu (04/01/2020)

Masih dengan Kapolda, kami bersama dengan Pejabat Utama Polda Jatim telah melakukan peninjauan secara langsung ke wilayah jajaran keberadaan beberapa posko tanggap bencana dimaksud.

” Hal ini sebagai wujud pelaksanaan porgram Promoter Polri dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Bahkan sejumlah posko ini telah dilengkapi dengan dapur umum dan sejumlah makanan. Selain itu, di posko ini juga telah tersedia fasilitas kesehatan bagi warga yang berteduh hingga mengungsi, ” pungkasnya.

Belajar dari kota lain yang banyak musibah, di sejumlah wilayah seperti Jakarta yang terjadi banjir, maupun wilayah lain seperti longsor dan badai. Polda Jawa Timur menyiapkan sejumlah posko siaga bencana. Totalnya ada 16 posko yang dilengkapi sejumlah fasilitas. (M9)

Komentar

Berita Terkait