Gelar Baksos Pengobatan Gratis, Ini Kata Ketua DPD JLNB Tangsel

Tangerang Selatan, DetikNews.ID – Sebagai bentuk kepedulian dengan sesama warga masyarakat, DPD JLNB Tangsel bekerja sama dengan Yayasan Amazing New Beginning menggelar bakti sosial (baksos) pengobatan gratis bagi warga kelurahan Pondok Benda.

Kegiatan bertempat di Sekretariat DPD JLNB Tangsel, Jl. Salak V No.10 RT.004/004, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Minggu (11/06/2023).

Wawan Gunawan Ketua DPD JLNB Tangsel mengatakan, kita adakan kegiatan di Kota Tangerang Selatan ,JLNB (Jaringan Laskar Nusantara Banten) mengadakan pengobatan bakti sosial secara gratis untuk masyarakat kota Tangerang Selatan yang berada di Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang

“Alhamdulillah sudah ada terdapat 200 orang masyarakat yang sudah pada hadir dan mereka menyambut dengan antusias kegiatan pengobatan gratis ini,” ungkap Wawan.

“Kalau ada yang ingin berobat gak bisa jalan, kita juga siap jemput dan antar pulang lagi,” tambah Wawan.

Wawan berharap, semoga JLNB Tangsel lebih bersinergi dengan masyarakat dan dapat lebih bisa membantu masyarakat ke depannya.

“Harapan saya ke depannya semoga JLNB Tangsel semakin sinergi, semakin jaya dan memperluas. Dapat bisa lebih membantu masyarakat ke depannya,” harap Ketua DPD JLNB Tangsel.

“Ini sudah ketiga kalinya kita mengadakan kegiatan Bakti Sosial pengobatan gratis dan kita bekerjasama dengan yayasan Amazing New Beginning untuk setiap kegiatannya ,ada 10 Dokter dari Cikini Jakarta,” tutup Wawan.

Masyarakat terlihat antusias dengan adanya bakti sosial pengobatan gratis yang diadakan JLNB Tangsel dan yayasan Amazing New Beginning.

Dalam baksos tersebut Romlah (45). Wanita paruh baya warga salak 5 yang ikut memeriksakan kesehatannya terlihat sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya baksos ini.

“Seneng banget dan merasa terbantu ada pengobatan gratis begini, semoga ke depannya bisa ada lagi pengobatan gratis dan bisa lebih baik,” tukasnya dengan senyum sumringah.

Di tempat yang sama, Ketua Umum JLNB H. Hendra Henruswara mengatakan, dirinya memberikan dukungan penuh dan apresiasi kepada DPD JLNB Tangsel.

“Saya sangat apresiasi dan bangga ya dengan DPD JLNB Tangsel, padahal baru 3 bulan kepengurusannya dibentuk, yang dipegang oleh ketua Wawan Gunawan. JLNB ini sangat mandiri ya tanpa ada dukungan dana sama sekali dari siapapun ya, jadi memang untuk masyarakat. Walaupun ini tahun politik tapi kami tidak melibatkan partai karna kami ini independen,”ungkapnya dengan bangga.

Hendra menambahkan, kami bermitra dengan Yayasan Amazing New Beginning dari Jakarta dan sama ya tanpa dukungan dari pemerintah. Kami resmi dari anggota untuk masyarakat, insya Allah tiap 2 Minggu sekali kami muter adakan baksos,” ungkap Hendra.

Hendra berharap agar masyarakat bisa sehat dan berharap masyarakat bisa lebih pintar dan cerdik.

“Saya berharap masyarakat biar pada sehat, lebih pintar dan cerdik dalam menilai ormas, kami ini ormas yang memang betul-betul tidak menjadi kaki tangan partai, walaupun di tahun politik, kami tidak melibatkan partai.” tegas Hendra.

Sementara Ketua Yayasan Amazing New Beginning Dr Karl H. Silaen Sp.M,Mars menjelaskan, kami dari Yayasan amazing new beginning domisili yayasannya di Jakarta, kami bermitra dengan Jaringan Laskar Nusantara Banten (JLNB) ini sudah memasuki tahun kelima kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan di daerah Banten. Adapun tempat kegiatannya hari ini adalah hasil survei dari tim Jaringan Laskar Nusantara Banten tentang kebutuhan masyarakat. Kemudian mereka mengundang kami. Dan kami berkolaborasi melaksanakan kegiatan ini, karena kegiatan ini bukanlah menggantikan peran pemerintah dalam tanggung jawab pelayanan bidang kesehatan, tetapi kami merupakan wujud dari peran aktif masyarakat dengan prinsip kesetiakawanan nasional dan menjaga kebhinekaan seperti arahan dari ketua dewan pendiri yayasan jaringan Laskar Nusantara Banten H. Embay Mulya Syarief bahwa kita harus berjuang demi masyarakat.

“Dengan prinsip itu maka kami berharap apa yang kami kerjakan ini boleh membawa kebaikan pada masyarakat boleh juga membangkitkan semangat kesetiakawanan nasional, dan ini juga mendukung program pemerintah. Jadi pasien-pasien yang dilayani ini dengan masalah keseharian Mereka kami juga melakukan edukasi apabila sakit berlanjut atau penyakit yang lain bisa memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah yaitu Puskesmas, dengan sistem pendanaan jaminan kesehatan nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan jadi kegiatan ini tujuannya wujud kesetiakawanan nasional, sekalian juga mengedukasi masyarakat dan ini merupakan wujud dari keikutsertaan masyarakat peran aktif masyarakat dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.” jelasnya.

Dr. Karl menegaskan, JLNB adalah ormas yang lahir dari masyarakat untuk masyarakat yang mengerti beban masyarakat bukan ormas yang hanya betangtang-betengteng seolah-olah penguasa wilayah, tetapi ormas adalah pengabdi bagi di masyarakat.

“JLNB ini kan adalah ormas yang lahir dari masyarakat maka mereka mengerti betul apa yang menjadi beban masyarakat sehingga mereka memperjuangkan semua kebutuhan dari masyarakat. JLNB boleh terus melaksanakan apa yang telah dikerjakannya dan JLNB Banten akan menjadi besar organisasi yang besar dalam hal pengaruhnya, membuat definisi baru dari ormas bahwa ormas adalah berasal dari masyarakat dan mengabdi bagi masyarakat memperjuangkan masyarakat.” katanya.

Harapannya kepada masyarakat setempat adalah, pertama jangka pendeknya kami berharap sama masyarakat yang berobat, yang sakit bisa mendapatkan pengobatan untuk sakitnya. Nomor 2, masyarakat teredukasi bahwa mereka memiliki hak dan pemerintah telah menyiapkan semua dan mereka bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan yang menjadi harapan mereka untuk melalui penjaminan JKN dan fasilitas Puskesmas. Nomor 3, kami berharap bagi masyarakat mereka juga memiliki semangat kebhinekaan seperti diarahkan pak haji Embay bahwa kita ini sama, kita sesama anak bangsa tidak memandang bulu saling menolong satu sama lain, bergerak atas nama kemanusiaan berjuang atas kemanusiaan, jadi kami berharap semangat kesetiakawanan nasional ini dan persatuan ini boleh bisa menjadi hal yang ditangkap juga oleh masyarakat dan lingkungan yang kami kunjungi,” tutupnya.

Kegiatan dihadiri Ketua umum Jaringan Laskar Nusantara Banten H. Hendra Henruswara, Camat Pamulang Mukroni mewakili Walikota Tangsel H. Benyamin Davnie, Sekertaris Kelurahan Pondok Benda, Ketua DPW JLNB Eko Margono, Korwil JLNB Tangerang Raya ibu Karmila dan Ketua-Ketua DPD JLNB se-Banten.

Komentar

Berita Terkait