PLTM Kanzy Pasok Kelistrikan, Siapkan 16 Pembangkit Hijau di Jawa Timur

Detiknews.id Surabaya – Pembangkit Listrik Tenaga MiniHidro (PLTM) Kanzy yang terletak di Pasuruan, milik PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur. Dioperasikan untuk menambah pasokan energi bersih untuk sistem kelistrikan di Jawa Timur.

Dengan beroperasinya PLTM Kanzy menambah deretan pembangkit Energi Baru terbaru menjadi 16 dari total 32 pembangkit yang ada. Hal ini selaras dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) menuju Net Zero Emission pada tahun 2060.

Berkapasitas 2 x 1,25 MW pembangkit yang terletak di wilayah Gunung Baung ini mampu menyuplai 10 ribu lebih pelanggan. PLTM menjadi pilihan utama dalam meningkatkan kebutuhan listrik masyarakat karena menggunakan sumber air sebagai energi alternatif yang notabene nya melimpah di wilayah ini.

PLTM merupakan pembangkit yang berskala kecil. Prinsip dasar PLTM adalah memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit.

“Saat ini, sistem kelistrikan Jawa Timur disuplai 5 PLTM yang dikelola sendiri maupun yang berasal dari Independent Power Producer (IPP) diantaranya yakni PLTM Lodagung kapasitas 2 x 0,65 MW, PLTM Taman Asri 1,17 MW, PLTM Ampel Gading 2 x 5 MW, PLTM Sampean Baru 1,85 MW, dan yang baru Comissioning Operation Date (COD) ada PLTM Kanzy ini,” terang General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran.

Pada tahun ini pula, PLN tengah dalam proses konstruksi PLTM Sumber Arum 2 berkapasitas 3 MW dan PLTM Bayu berkapasitas 3,6 MW di Banyuwangi.

“Untuk menyukseskan NZE ini, PLN pun melakukan kajian untuk potensi pengembangan EBT di Jawa Timur. Pengembangan EBT dirancang dengan tetap mempertimbangkan supply and demand, potensi energi terbarukan setempat, keekonomian, keandalan, ketahanan dan kesinambungan sistem energi nasional,” imbuh Lasiran.

Komentar

Berita Terkait