Pelindo 3 Gelar Fashion Show Batik Maritim Sambut Kapal Pesiar Seven Seas Mariner

Pelindo 3

Detiknews.id Surabaya – Kapal Pesiar Seven Seas Mariner bersandar di sambut PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 dengan pagelaran Busana dan Pameran Batik. Sandar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Jum’at (15/03//2024).

Pelindo 3 menyambut kedatangan kapal pesiar Seven Seas Mariner saat sandar, ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo untuk meningkatkan nilai batik ke pasar internasional sekaligus mempromosikan warisan budaya tak benda UNESCO ke kancah internasional.

Hadir dalam pagelaran yaitu perwakilan Pemprov Jawa Timur, Pemkot Surabaya, Universitas Widya Mandala dan para pelaku UMKM Batik warga Klampar, Pamekasan sebagai UMKM binaan Pelindo.

Baca Juga
Batik Diplomacy: Our Proud, Our Pride And Our Responsibility

Juju Juarsih Regional Division Pelayanan SDM dan UMUM Pelindo Regional 3 mengatakan, pagelaran ini berbarengan dengan kedatangan Cruise berpenumpang 1000 orang ini merupakan wujud komitmen Pelindo dalam mendukung pengembangan UMKM batik di Indonesia. Sekaligus mempromosikan warisan budaya tak benda UNESCO ke kancah internasional.

“Pelindo sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab untuk turut mengembangkan ekonomi kerakyatan, salah satunya dengan membantu UMKM batik untuk naik kelas. Kami berharap dengan kegiatan ini, batik Indonesia semakin dikenal di dunia internasional dan dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin batik,” ujar Juju Juarsih.

Pj Sekdaprov Jatim Moh Gunawan Saleh menyambut baik dan mengapresiasi kepedulian Pelindo dalam meningkatkan nilai batik, terlebih Jawa Timur memiliki sejumlah batik khas yang bisa mendorong peningkatan ekonomi UMKM.

Baca Juga
Pesona Batik Produk Ekonomi Kreatif Milineal, Kata Lia Istifhama

“Kami mengapreasi Pelindo yang sudah peduli pada batik, terutama batik yang di kreasi oleh UMKM di Jawa Timur, harannya ketika ini bisa dipasarkan ke Internasional akan menambah nilai ekonomi bagi para perajinnya,” Gunawan.

Pagelaran busana menampilkan batik maritim karya UMKM Batik warga Klampar, Pamekasan yang didesain menjadi busana oleh desainer Embran Nawawi. Pameran batik juga menghadirkan berbagai produk batik unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.

Batik maritim merupakan motif batik yang terinspirasi dari keindahan laut dan budaya maritim Indonesia. Peluncuran batik maritim ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan dan meningkatkan minat masyarakat terhadap batik. (M9)

Komentar

Berita Terkait