Transportasi Andalan Libur Panjang, KAI Daop 8 Surabaya Catat 37.128 Penumpang

KAI Daop 8 Surabaya

Detiknews.id Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya, mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang selama masa libur Panjang. Ini dalam rangka Libur Panjang Peringatan Isa Almasih, sejumlah 37.128 Penumpang.

Transportasi andalan libur panjang, KAI Daop 8 Surabaya mencatat 37.128 penumpang yang menggunakan layanan KA. Terdiri dari 17.196 penumpang, yang berangkat dari wilayah Daop 8. Sejumlah 19.932 penumpang. Tiba di berbagai stasiun di wilayah ini. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah seiring jadwal keberangkatan dan kedatangan KA yang berlangsung hingga malam hari.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengungkapkan, kenaikan jumlah pelanggan pada momen libur panjang ini menunjukkan, bahwa kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian, baik untuk liburan keluarga maupun keperluan lainnya.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu. Ini selama masa peningkatan volume ini,” jelasnya, Minggu (01/06/2025).

Lebih lanjut, pada masa angkutan libur panjang Kenaikan Isa Almasih, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan total 58 perjalanan KA jarak jauh per hari. Terdiri dari: 52 KA reguler dan 6 KA tambahan. Total kapasitas yang disediakan mencapai 29.898 tempat duduk per hari.

Data sementara jumlah penumpang naik dan turun di tiga stasiun besar wilayah Daop 8 Surabaya, periode 29 Mei – 1 Juni 2025, yaitu :

Stasiun Surabaya Gubeng, pada 29 Mei sebanyak 7.546 naik dan 4.871 turun. Pada 30 Mei sebanyak 4.615 naik dan 4.223 turun. Pada 31 Mei sebanyak 4.306 naik dan 5.064 turun. Pada 1 Juni sebanyak 3.956 naik dan 6.836 turun (data sementara pukul 10.00 WIB).

Stasiun Surabaya Pasar Turi, pada 29 Mei sebanyak 4.952 naik dan 6.196 turun. Pada 30 Mei sebanyak 3.825 naik dan 4.054 turun. Pada 31 Mei sebanyak 4.590 naik dan 3.842 turun. Pada 1 Juni sebanyak 5.962 naik dan 5.365 turun (data sementara pukul 10.00 WIB).

Stasiun Surabaya Malang, pada 29 Mei sebanyak 4.039 naik dan 4.225 turun. Pada 30 Mei sebanyak 3.119 naik dan 3.292 turun. Pada 31 Mei sebanyak 3.809 naik dan 2.927 turun. Pada 1 Juni sebanyak 3.141 naik dan 3.291 turun (data sementara pukul 10.00 WIB).

Secara keseluruhan, selama periode libur Panjang mulai tanggal 28 Mei – 1 Juni 2025, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani total 174.654 penumpang, dengan rincian 88.682 penumpang berangkat dan 85.972 penumpang tiba. Jumlah ini masih akan terus bertambah hingga akhir masa libur.

Luqman Arif juga menjelaskan, bahwa peningkatan ini telah diprediksi sebelumnya, sehingga berbagai langkah antisipatif telah disiapkan oleh KAI, termasuk pengoperasian KA tambahan.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan enam KA tambahan guna memperluas pilihan rute dan jadwal perjalanan,” jelas Luqman.

Beberapa KA jarak jauh favorit masyarakat selama masa libur panjang ini antara lain : KA Argo Wilis (Surabaya Gubeng – Bandung), KA Sancaka (Surabaya Gubeng – Yogyakarta), KA Ambarawa (Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol), KA Airlangga (Surabaya Pasarturi – Pasarsenen Jakarta), KA Ijen Ekspress (Malang – Ketapang) dan KA Malabar (Malang – Bandung).

KAI Daop 8 Surabaya mengimbau seluruh pelanggan, untuk merencanakan perjalanan dengan matang. Serta membeli tiket melalui kanal resmi, seperti aplikasi Access by KAI, situs web kai.id. Maupun mitra resmi penjualan tiket lainnya.

“Kami mengajak pelanggan untuk hadir lebih awal di Stasiun, dan selalu mengikuti arahan petugas. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat, yang terus menjadikan kereta api sebagai transportasi andalan selama liburan,” tutup Luqman.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121. WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau platform media sosial resmi KAI. (M9)

Komentar

Berita Terkait