Kontribusi UMKM 61 Persen, Raih Pasar Global

Detiknews.id – Seminar UMKM bertema “UMKM Scale Upl Potensi Lokal, Raih Pasar Global” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Mei 2019 di Spazio Hall, Jalan Mayjen Yono Suwoyo No.Kav. 3, Surabaya. Forum sosialisasi merupakan wadah sosialisasi di mana masyarakat sebagai peserta forum dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber terkait.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Septriana Tangkary SE., MM, Direktur lnformasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Mufid Wahyudi, Dipl Adv., BA., CPBC”. Praktisi Ekspor lmpor, yang membahas pengalamannya dalam melakukan kegiatan ekspor Impor, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, Presidant ICSB Surabaya dan perwakilan dari marketplace, Ivone Andayani dari Blanja.com.

Septriana Tangkary SE., MM, Direktur lnformasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan mendorong masyarakat untuk memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang (E-Commerce) serta pengembangan industri meIaIui jualan online dengan skala global selain itu untuk mensosialisasikan gerakan “Ayo UMKM JuaIan Online”.

Foto : Grafik E Commerce Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara – detiknewsid/m9

” Target tersebut sangat mungkin untuk dapat terwujud, tentunya dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada. Salah satu potensi datang dari sektro Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41persen, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Menurut data Kemkominfo 2018 sebanyak 9,61 juta unit umkm sudah memanfaatkan platform online,” tuturnya. Rabu (08/05/2019)

Dari segi infrastruktur Kemkominfo meningkatkan akses internet ke seluruh Indonesia, dari yang di daerah tadinya hanya bisa SMS saja sekarang bisa menggunakan Iayanan internet. Proyek Palapa Ring sudah sampai ke Indonesia bagian Timur.

Mengingat pentingnya edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan E~Commeroe serta meningkatkan kuaIitas dan daya saing produk UMKM Indonesia yang akan menyasar para pelaku di seluruh Indonesia, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim akan mengadakan kegiatan “UMKM Scale Up!: Potensi Lokal, Raih Pasar Global”.

Foto : Antusias peserta seminar – detiknewsid/m9

Paparan program pemerintah dan dukungannya terhadap peningkatan potensi UMKM, yang membahas tentang pendampingan para UMKM untuk dapat memngkatkan kualitas produk sehingga dapat bersaing di pasar global.

Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan E-Commerce Nasional, hasil kolaborasi lebih dari 8 kementerian dan Iembaga pemerintah Iainnya, yang jika terimplementasikan tepat waktu maka terproyeksikan nilai transaksi E-Commerce sebesar US$ 130 Milyar pada tahun 2020.

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia. Jumlah penduduk yang besar dan penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta, merupakan faktor yang mendorong Indonesia menjadi pasar bagi transaksi online terbesar di Asia. (M9)

Comment

Berita Terkait