Terminal Booking System Resmi Diberlakukan TPS, Mulai 7 Juli 2025

PT Terminal Petikemas Surabaya

Detiknews.id Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak perusahaan Subholdmg Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), menggelar sosialisasi uji coba Terminal Booking System (TBS) kepada pengguna jasa dan sejumlah asosiasi pengguna jasa. Inj merupakan strategis sekaligus representasi dari pelanggan TPS.

TPS sosialisasi Terminal Booking System / M9

Terminal Booking System resmi diberlakukan TPS, mulai 7 Juli 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif stakeholder. Dalam implementasi sistem baru yang mendukung kelancaran arus logistik nasional. Sosialisasi yang berlangsung di Java Meeting Room TPS, dihadiri oleh perwakilan dari ALFI, GPEI, GINSI, ORGANDA, APTRINDO, dan LOGINDO.

Kehadiran asosiasi tersebut mencerminkan keterlibatan langsung pelanggan, dalam proses transformasi layanan terminal. TBS merupakan sistem penjadwalan kedatangan truk melalui pembagian time siot, yang memungkinkan pengaturan arus kendaraan ke terminal secara lebih merata dan terkendali.

Sistem ini dirancang untuk mengurangi antrean truk pada jam-jam Operasional tertentu, mempercepat waktu pelayanan, dan pada aktwnya meningkatkan efisiensi biaya logistik secara keseluruhan. Dengan implementasi TBS ini, diharapkan dapat menurunkan waktu tunggu layanan bongkar muat truk di lapangan penumpukan dari awal gate in hingga gate out, yang dikenal sebagu TRT (Truck Round Time).

Pengurangan TRT secara signifikan akan membenkan dampak posai terhadap kelancaran operasional serta efektivitas pengelolaan armada oleh para pelaku usaha logistik. Penerapan TBS menjadi bagian dari komitmen TPS dalam menghadirkan terminal modem yang andal dan berorientasi pada pelayanan pelanggan.

Dalam hal ini Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak, menyampaikan dukungan penuh atas implementasi sistem tersebut.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Angkutan Laut dan Kepelabuhanan KSOP Utama Tanjung Perak, Nanang Afandi, SE. MM., menyampaikan, apresiasi atas kesiapan TPS. Dalam merespons kebutuhan akan sistem pengaturan kendaraan yang lebih efisien.

“Sambutan TPS terhadap penerapan TBS sangat positif. Kami juga mengimbau para pelaku usaha logistik untuk dapat menyesuaikan jam operasionalnya dengan layanan terminal 24/7, guna mendukung efisiensi logistik dan distribusi rantai pasok nasional,” tegasnya.

Direktur Operasi TPS, Noor Budiwan, menambahkan, bahwa TBS akan membantu menciptakan ritme layanan yang lebih terencana dan terukur.

“Penerapan TBS menjadi bagian penting dari konsep terminal modern. Dengan sistem ini, pola kedatangan truk bisa lebih merata dan tidak terpusat di waktu-waktu padat seperti pukul 16.00 – 24.00 WIB. Ini tentu akan berdampak langsung pada kecepatan layanan, serta kenyamanan pengguna jasa,” jelasnya.

Uji coba penerapan TBS akan dimulai pada Senin, 7 Juli 2025 pukul 09.00 WIB, dengan pengaturan time siot yang disesuaikan dari semula 8 jam menjadi 4 jam. Uji coba ini menjadi langkah familiarisasi bersama seluruh stakeholder, termasuk penyesuaian pelaku operasional,  pelaku logistik dan penyediaan kanal komunikasi. Seperti helpdesk jika terdapat kendala selama implementasi.

Ketua DPW ALFI Jawa Timur, Sebastian Wibisono, menyampaikan dukungannya terhadap nisiati TPS. “TBS adalah sistem yang patut kita dukung bersama, karena tujuannya jelas: meningkatkan efisiensi dan kecepatan layanan logistik,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPC APTRINDO Surabaya, Wayan Sumadita, dan Ketua Klub LOGINDO Jatim, Christin Adni Susiowati. “TBS merupakan langkah maju yang memberikan banyak manfaat bagi kami sebagai pelaku usaha angkutan barang,” ujar Wayan.

Christin menambahkan, “Kami menyambut baik sistem ini karena diyakini dapat mengurangi antrean, mempercepat proses di terminal, dan pada aktunya mendukung @lisiensi operasional pelabuhan,” tandasnya.

Sebagai pengelola terminal peti kemas intemasional dan domestik, TPS terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan. Sepanjang 2024, arus peti kemas TPS mencapai 1.584.774 TEUs, dan hingga semester I tahun 2025 tercatat 768.518 TEUS. TPS juga mempertahankan dominasnya di pasar internasional dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 83 persen di Pelabuhan Tanjung Perak.

Sebagai bentuk komitmen layanan, apabila selama masa uji coba ditemukan kendala teknis maupun Operasional, pelanggan dapat menghubungi Tim Customer Service TPS yang siaga 24/7 melalui: Telepon: (031) 320 2020, Emali: cs@tps.co.id. (M9)

Komentar

Berita Terkait