Kombes Pol Robert Da Costa Resmi Jabat Dirnarkoba Polda Jatim 

Detiknews.id Surabaya – Dirnarkoba Polda Jatim yang baru dijabat Kombes  Pol Robert Da Costa, S.I.K., M.H. asal NTT lahir tanggal 2 Januari 1975. Sosok yang  piawai dalam menangkap Bandar Narkoba, dipercaya Kapolri jenderal Listyo Sigit Prabowo bertugas sebagai  Ditresnarkoba Polda Jatim membantu Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto dalam memberantas peredaran narkoba.

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto foto bersama pejabat baru saat Sertijab / M9

Sertijab di Polda Jatim, Dirnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Robert Da Costa menggantikan Kombes Pol Arie Ardian Rishadi yang diangkat sebagai Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri. Jum’at (15/12)2023)

Kombes Pol Robert Da Costa adalah perwira menengah dari Lemdiklat Polri. Lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1996, ini dikenal sebagai sosok yang tegas terhadap bandar narkoba.

Untuk diketahui, Kombes Pol Robert Da Costa pernah ditempatkan sebagai Direktur Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara sejak tanggal 3 Februari 2020. Ketika menjabat posisi tersebut, ia mendapatkan pujian dari Kapolri karena dianggap berhasil dalam memberantas para bandar narkoba di wilayah hukumnya.

Menurutnya, tekad memberantas habis bandar hingga pengedar narkoba lantaran dirinya merasa prihatin atas kondisi di Sumatera Utara.

“Para pelaku kejahatan narkoba tak jua berhenti merusak masa depan generasi bangsa,” ungkapnya.

Ditambahkan, petugas kepolisian telah berulang kali memberikan tindakan tegas terhadap tindak pidana tergolong extraordinary crime tersebut. Salah satunya, sewaktu menjabat Dirnarkoba Polda Sumatera Utara dengan menembak mati satu dari tiga gembong narkoba jaringan Internasional, waktu di relese tahun 2020.

“Peredaran narkoba di Sumut darurat karena penegakkan hukum yang dilakukan oleh Polda sampai ke Polsek tidak menyurutkan para jaringan pelaku peredaran gelap narkotika,” jelasnya setelah ungkap kasus narkoba jaringan Internasional yang membawa 15 kilogram sabu dari Malaysia melintasi Aceh hingga ke Kota Medan. (M9)

Komentar

Berita Terkait