Bripka Arbain Bantu Warga Tak Mampu, Bangun MCK di Tengah Wabah Corona

MELAWI, Detiknews.Id-Pandemi virus corona ( Covid-19) berdampak bagi perekonomian hampir seluruh lapisan masyarakat. Kondisi itu diperparah dengan adanya imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing dan berdiam diri di rumah untuk hal yang tidak mendesak.

“Namun, sebagian kelompok masyarakat kelas bawah malah tidak mendapat penghasilan karena tidak adanya aktivitas pekerjaan yang dapat dilakukan.

Rasa perhatian dan kepedulian aparat Kepolisian terhadap warga di sekitar yang kurang mampu patut jadi motivasi bagi instansi lainnya.

Hal ini juga sebagai langkah menciptakan kondusifitas Kamtibmas di tidak hanya melakukan penegakkan hukum dan sosialisasi saja kepada masyarakat, melainkan memberikan pengayoman dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu.

Berawal dari itulah, Anggota Polres Melawi, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), Bripka Arbain membantu warga yang kesusahan dengan memberikan paket sembako dari hasil pengumpulan donasi selama 16 hari melalui laman akun Facebook.

Pembagian paket sembakopun langsung dibagikan ke rumah-rumah warga yang memang layak untuk mendapat bantuan. Bantuan diberikan kepada masyarakat yang tidak menerima bantuan PKH, para janda tua dan orang-orang tua yang sudah tidak mampu kerja dengan kehidupan yang sangat memprihatinkan,” katanya.

Minggu (14/06/2020), Bripka Arbain merealisasikan pembangunan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) kepada salah satu warga tidak mampu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi.

“Salah seorang wanita lanjut usia, Narsih (70), dilaksanakan secara gotong-royong dengan biaya swadaya melalui penggalangan dana donasi lewat media sosial sejak tanggal 27 Mei – 5 Juni 2020.

Nenek Narsih yang hidup sendiri tanpa anak dan suami, dengan kondisi tempat tinggal yang memprihatinkan, maka timbul niatnya untuk membantu. “bantuan kali ini saya arahkan ke pembangunan MCK, lantaran selama ini nenek Narsih hanya mengandalkan Sungai sebagai MCK, dengan adanya MCK di rumahnya, maka nenek Narsih tak perlu lagi ke Sungai,” terang Arbain.

Masih menurut Arbain, disaat dana donasi yang terkumpul masih kurang, dirinya pun menyampaikan kepada Kapolres dan Wakapolres Melawi.

“Pak Kapolres dan Wakapolres merespon dengan baik, angaran yang kurang ditutupi. Bahkan, Pak Kapolres bersedia turun langsung membantu dan menurunkan personel untuk membantu pembangunan MCK itu,”jelas Arbain.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Melawi, AKBP Tris Supriadi didampingi Wakapolres, Kompol Agus Mulyana mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk empati anggota Kepolisian kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Kita menyadari bahwa masyarakat ini adalah mitra kita dan Polri tentu tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan dari masyarakat sehingga sudah sewajarnya kita membantu warga semampu kita. “Mudah-mudahan, bekerja sambil beramal, beramal sambil bersedekah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan harapan kedepannya, Polri semakin dicintai masyarakat ungkap Kapolres Melawi.

“Saya sangat mendukung program bantuan seperti ini, apalagi Polri akan menyambut hari Bhayangkara Ke-74 tahun 2020, akan melakukan Bakti Sosial kepada masyarakat, semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat dan didukung oleh masyarakat,” harap Kapolres.

Dikesempatan itu, nenek Narsih mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya.

“Terima kasih kepada bapak Polisi dan pihak yang telah membantu pembuatan MCK ini, semoga diberi selamat dan kesehatan” ucapnya. (Humas/ R.O.Manalu)

Komentar

Berita Terkait