Polda Jatim dan Forkopimda, Jalin Sinergitas dengan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Detiknews.id Kediri – Edukasi cegah Covid-19 dengan disiplin dan protokol kesehatan. Hal ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen DR M Fadil Imran MSi disambut baik oleh Kepala Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansyur didampingi oleh Gus Muwafiq saat menghadiri Silaturahmi bersama Forkopimda Jatim ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur.

Kapolda Jatim bersama Forkopimda Jatim disambut baik oleh Ketua Pondok Pesantren Lirboyo Kediri / M9

“Edukasi secara Online dan Fisik dengan  disiplin dalam Protokol Kesehatan, budaya yang harus ditegakkan secara terus menerus dan diulang sehingga menjadi perilaku yg terbiasa dengan hidup sehat dan bersih, ” tutur Kapolda Kapolda Jatim Irjen DR. M. Fadil Imran MSi. Sabtu (06/06/2020)

Lanjut Kapolda, aplikasi santri tangguh merupakan self assesment dan kegiatan Santri di Ponpes Lirboyo sebagai data awal sebelum masuk kembali ke Pondok pesantren Lirboyo ini untuk dapat digunakan para santri dan mengetahui persiapan masuk para santri terhadap kondisi kesehatannya.

“Alhamdulillah 2 minggu saya menjadi Kapolda Jatim dapat bersilaturahmi dengan Pengurus dan Pemgasuh Pondok Pesantren Lirboyo ini, kedua setelah Pertama saya datang ke Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo” ungkapnya.

Kapolda menambahkan, upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 juga dilakukan di Pasar Modern dan Pasar Tradisional sebagai sektor ekonomi dengan lakukan sistem ganjil genap dan pembatasan / Physical Distancing dan one way system pintu masuk tidak sama dengan pintu keluar.

“Penerapan Kampung Tangguh diseluruh kecamatan Kota Kediri dibuat 1 kampung tangguh yang menjadi Pilot Project dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Dengan pelatihan sebagai wujud asistensi kepada warga masyarakat di Kampung Tangguh Semeru tersebut, serta memberdayakan UMKM contohnya batik tulis yang ada di desa Wonoasri, Polres Kota Kediri juga membuat teritori/wilayah asrama polisi Tangguh, ” pungkasnya.

Kepala Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansyur didampingi oleh Gus Muwafiq menjelaskan, Pondok pesantren Tangguh di Lirboyo ini memiliki fasilitas penunjang ponpes tangguh, kesiapan Posko, dapur umum, kesiapan logistik, kebersihan terhadap ruang kelas dan fasilitas serta menjaga Protokol kesehatan sesuai anjuran atau himbauan pemerintah menghadapi Covid19,” jelasnya.

Kapolres Kota Kediri turut hadir bersama Forkopimda Kota Kediri memberikan gambaran secara umum situasi Kamtibmas dan situasi Covid-19, tracing sudah dilakukan secara masif oleh Dinkes Kota dan Kabupaten Kediri, serta adanya bantuan Testing Rapid test secara massal bantuan Propinsi Jatim. (M9)

Komentar

Berita Terkait