Detiknews.id Surabaya – Perjalanan Kereta Api (KA) tertunda akibat banjir, terjadi di Daop 1 terhadap operasional KA di Daop 8. Mulai hari ini jalur sudah aman, Kereta Api keberangkatan Daop 8 menuju Jakarta sudah dapat melintas. Jalur hilir Kereta Api antara Stasiun Kedunggedeh – Stasiun Lemahabang, Bekasi, sudah dapat dilewati oleh semua kereta api setelah sebelumnya tergerus oleh banjir.
“Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan KA keberangkatan menuju Jakarta, khususnya Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi,” ujar Manajer Humas PT. KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.
KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29. Demi pertimbangan keselamatan, maka KA yang melintas jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya hanya 10 km/h, dan bertahap akan ditingkatkan.
Luqman menjelaskan, selama dua hari berturut-turut petugas KAI bekerja secara terus menerus selama 24 jam untuk menguatkan fondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat. Untuk mempercepat proses perbaikan, KAI juga menambah petugas dari Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon.
“Kami atas nama manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta,” tambah Luqman.
KAI akan terus melakukan normalisasi pada jalur double track tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk memastikan progres pengerjaannya.
Perjalanan KA keberangkatan 23 Februari 2021 dengan rute menuju Jakarta yang kembali beroperasi adalah :
Tujuan Pasar Senen Jakarta
1.KA Jayabaya relasi Malang – Pasarsenen Jakarta
2.KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen Jakarta
3.KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen Jakarta
Tujuan Stasiun Gambir
1.KA Argo Bromo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasarturi – Gambir
2.KA Gajayana relasi Malang – Gambir
3.KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir
4.KA Argo Bromo Anggrek Malam relasi Surabaya Pasarturi – Gambir
“KAI juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di antaranya Kementerian Perhubungan yang telah membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini,” pungkas Luqman.
Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (M9)
Komentar