oleh

Hari Anak Nasional 2020, Program Rotary Club D3420 Pelatihan Peduli Anak Indonesia

Detiknews.id Surabaya – Rotary District 3420 kembali menggelar program spektakuler bersama Rotary Club Surabaja-Darmo, Rotaract Club Surabaya Darmo Raya, Rotary Club Surabaya Central dan Interact Sophomore. Ini dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli, dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Immediate Past District Governor D3420 Febri Hapsari bersama Rotaract Club Surabaya Darmo Raya / M9

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal visual kombinasi gambar dan tulisan terbukti lebih berpengaruh terhadap komunikasi anak dibandingkan jurnal dengan gambar saja atau jurnal dengan tulisan saja.

Penyampaian ide atau gagasan (kreasi) anak terlihat paling menonjol dalam jurnal visual buatan anak. Oleh karena itu, jurnal visual dapat menjadi media tepat untuk menyampaikan ide atau gagasan anak kepada orang dewasa di sekitar mereka.

Rotary Club District 3420 / M9

Mufid Wahyudi Past District Governor 3420 mengatakan, untuk membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menyampaian ide atau gagasan (kreasi).

“Ini kolaborasi program dari Rotary Club Surabaja-Darmo dan Rotaract Club Surabaya Darmo Raya, berkolaborasi dengan Rotary Club Surabaya Central dan Interact Sophomore mengadakan sebuah Project Club untuk anak-anak Sekolah Dasar berupa pelatihan dasar fotografi, menggambar dan menulis, ” jelasnya. Sabtu (18/07/2020)

Menurut PIC Project IPP Diana Andalusi dari RC Surabaja-Darmo, tujuan dari kegiatan ini, mendorong dan melatih anak-anak untuk mampu menyampaikan pesan melalui cara kreatif.

“Mampu Meningkatkan minat literasi dan kualitas pengetahuan anak-anak. Mewujudkan anak-anak yang gemar belajar dan pintar literasi. Untuk memulai mengajak anak-anak belajar komunikasi untuk menyampaikan pesan dengan menulis memang bukan hal mudah, ” tuturnya.

Lanjut Diana, namun, melalui kegiatan Menulis Kreatif yang menyenangkan seperti menulis cerita berdasarkan foto atau gambar dengan suasana bermain, maka persepsi menulis bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit dan membosankan.

Presiden Marlius Presiden Rotray Club Surabaja-Darmo dan Presiden Sanjana Bhat – Presiden Rotary Club Surabaya Central / M9

Selain pelatihan, menurut Presiden Marlius Presiden Rotray Club Surabaja-Darmo memaparkan, dalam proyek ini dilakukan pembagian 350 Paket Buku tulis dan alat tulis di Kupang, Gresik, Sidoarjo, Jombang, Tulungagung, Probolinggo. Kegiatan ini juga diselenggarakan

“Peserta pelatihan tahap pertama ini adalah para siswa SD Islam Al Muttaqin Driyorejo, Gresik dan Para Santri Pesantren Ssbtu Minggu (Trensami) Assalaam Sedati Sidoarjo, ” paparnya.

Presiden Sanjana Bhat – Presiden Rotary Club Surabaya Central menambahkan, dengan adanya kegiatan ini yang dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 20 Juli 2020.

“Diharapkan kegiatan menulis kreatif akan menjadi suatu kebiasaan karena anak merasakan nikmatnya dan manfaat yang mereka peroleh dengan menulis kreatif untuk menyampaikan ide dan pesan mereka, ” pungkasnya. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar