oleh

Fitgloss Auto Care Center Jemursari, Mobil Lama Tampil Bersih Senyaman Baru

Detiknews.id Surabaya – Fitgloss Auto Care Center, Jemursari. Merupakan tempat perawatan mobil lama tampil bersih dan senyaman mobil baru. Pandemi Covid menghemat keuangan dan ekonomi tercukupi. Bagi sebagian masyarakat pandemi ini menjadi manfaat sebaik-baiknya. Misalnya, mobil lama yang masih layak untuk digunakan, kita remajakan jadi seperti mobil baru.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Mobil lama bisa menjadi tunggangan istimewa dengan penambahan atau penggantian beberapa bagian kendaraan kesayangan. Bisa menjadi nyaman seperti mobil baru. Sejumlah bengkel variasi mobil sudah menyediakan program untuk membuat mobil lama  menjadi senyaman seperti mobil baru.

”Jadi selain menghemat keuangan,  kebutuhan yang lainnya juga bisa tercukupi,” kata Jason dari Fitgloss Auto Care Center, Jemursari.

Dengan perawatan yang teratur, dan beberapa bagian memang harus diganti yang baru.

Ada beberapa item perlu perhatian agar mobil kesayangan menjadi nyaman dikendarai dan digunakan beraktivitas sehari-hari, antara lain :

1. Kebersihan dashboard, ada pembersih berupa cairan khusus yang aman untuk membuat dashboard ini tampil seperti baru.

2. Kebersihan karpet lantai dan jok atau  cover jok, biasanya di mobil lama bagian jok ini ada noda yang menempel dan sulit dibersihkan. Begitu juga dengan karpet lantai.

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengganti jok atau cover jok, dibersihkan lebih dahulu cukup dengan sabun lalu disikat pelan-pelan.

3. Plafon mobil lama, biasanya sudah kusam, karena usia bisa juga karena polusi dari asap. Tidak perlu galau, karena plafon ini bisa kembali bersih dan enak dilihat. Cukup dibersihkan dengan air dan sabun, lalu sikat pelan pelan. Tunggu kering sebentar  dan lihat hasilnya.

4. Kebersihan panel display informasi yang ada di dashboard juga harus diperhatikan, bila perlu lampu lampu panel yang sudah mati diganti yang baru.

5. Pemakaian kaca film yang sesuai dengan kondisi, tidak terlalu gelap atau terang.

Selain itu kenyamanan juga harus memperhatikan eksterior :

1. Kebersihan bodi kendaraan, bila cat masih bagus cukup dipoles saja hingga kembali kinclong. Bisa juga dengan penambahan coating agar lebih tahan lama dan terjaga kinclongnya.

2. Bila cat sudah mulai pudar maka opsi untuk pengecatan ulang bisa dilakukan.

3. Pemeriksaan anti karat kendaraan, bagian ini juga tak kalah penting bagi mobil lama. Selain mencegah bocor saat musim hujan anti karat juga membantu meredam kebisingan kendaraan.

Beberapa bagian perawatan mobil  ini bisa dilakukan sendiri di rumah, mudah dan tidak sulit atau jika tak ada waktu atau ingin lebih maksimal cepat saja bawa kendaraan ke salon mobil.

”Berkendara apalagi bersama keluarga paling nyaman jika kabin dan interior di dalamnya itu bersih dan harum. Kalau kendaraan masih baru sudah pasti bersih, tapi kalau sudah dipakai kendaraan ini perlu dibersihkan,” tutur Jason.

Di Fitgloss, langkah awal membuat nyaman kendaraan membersihkan bagian lantai kendaraan. Dengan menyedot semua kotoran menggunakan vacuum cleaner, debu atau kotoran yang ada di lipatan jok, doortrim, konsol  maupun karpet dasar. Ini sangat mengganggu bila tidak dibersihkan.

”Kendaraan yang dibersihkan dilepas seluruh tempat duduknya, dengan begitu akan mudah untuk membersihkan karpet lantai dan bagian detail yang sempit ikut menjadi bersih,” lanjutnya.

Setelah bagian lantai bersih dan harum, giliran jok itu sendiri yang dibersihkan, agar terlihat seperti baru ada cairan khusus untuk mengangkat kotoran yang membandel di jok.

Cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian interior lain yang terbuat dari bahan karet, plastik, vinyl, atau acrylic, seperti doortrim, stir hingga gear knob. Juga di bagian plafon mobil, untuk used car bagian plafon ini kerap sudah berubah warna karena kotoran yang melekat.

Untuk membersihkan bisa dengan menggunakan sikat halus atau potongan karpet. Selanjutnya bisa menggunakan shampo interior mobil untuk membersihkannya. Untuk dirumah, sebaiknya dipersiapkan peralatan seperti lap kering, sikat gigi bekas, dan lap basah atau plas chamois.

”Sikat gigi bisa untuk membersihkan bagian yang sempit dan sulit dijangkau oleh tangan,” ujarnya.

Setelah bagian dalam selesai kini bagian eksterior yang harus diperhatikan, seperti kaca depan mobil.

”Kaca depan mobil paling penting apakah sudah berjamur, kalau iya berarti kaca tersebut harus dipoles,” katanya.

Urusan kaca jangan lupa dengan pemakaian kaca film, karena kabin yang sejuk ini bisa di dapat dari AC dan pemasangan kaca film yang tepat.

”Pemakaian kaca film ini biasanya juga tergantung pemilik mobil, asal jangan terlalu gelap,” ujarnya.

Setelah bagian kaca depan beres, kini periksa kaca lampu atau headlamp. Apakah kaca buram, perlu diganti atau hanya perlu dibersihkan saja dari luar.

Untuk anti karat ada baiknya mobil lama ini diperiksa kembali kondisi kolong kendaraan, apalagi menjelang musim hujan, pastikan tidak ada lantai dasar yang keropos dan berkarat.

”Proses anti karat ini cukup mudah dengan proses yang cepat dan profesional,” lanjutnya.

Terakhir bagian bodi mobil yang tetap harus dalam kondisi mengkilap atau tampil kinclong. Poles body dan nano ceramic coating bisa menjadi pilihan tapi selain kinclong bodi mobil juga lebih mudah untuk dibersihkan.

“Mengendarai sebuah mobil terutama mobil penumpang, kenyamanan adalah hal utama setelah ketangguhan mesin. Kenyamanan sangat terkait dengan interior dalam mobil serta aksesoris yang melengkapi,” pungkasnya. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar