Rutan Kelas II B Kabanjahe Terus Berikan Layanan Kesehatan Maksimal

Detiknews.id Tanah Karo – Kesehatan adalah salah satu hak dasar yang penting untuk diperhatikan dan merupakan hak yang harus dipenuhi oleh negara bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi warga binaan. Hak kesehatan mereka tentunya harus sangat diperhatikan pemenuhannya dan menjadi tanggung jawab petugas lapas/rutan. Pelayanan kesehatan yang baik dapat memberikan peningkatan keamanan di area lapas.

Layanan kesehatan warga binaan sendiri telah diatur dalam undang-undang. Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan, menetapkan hak-hak narapidana yang salah satunya yaitu hak mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, Rutan Kelas II B Kabanjahe berupaya maksimal agar layanan kesehatan bagi WBP dapat terpenuhi dengan baik.

Di Rutan Kelas II B Kabanjahe, terdapat ruang poliklinik yang diperuntukkan bagi warga binaan dan pegawai. Setiap harinya, tim medis Rutan Kelas II B Kabanjahe akan berjaga di poliklinik tersebut agar setiap warga binaan yang datang memeriksakan kesehatannya dapat segera diberikan pelayanan.

Tim medis Rutan Kelas II B Kabanjahe sendiri terdiri dari dua orang perawat Mawar br Ginting dan Rosmeri br Sembiring.

Pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain pelayanan anamnese, pemeriksaan tensi, penimbangan berat dan tinggi badan, serta pelayanan lain yang dirasa perlu dan urgent. Selain itu, tim medis juga sering melakukan sosialisasi mengenai berbagai macam hal yang terkait dengan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang diberikan tidak dipungut biaya sedikitpun. Sehingga warga binaan dapat dengan tenang memeriksakan kesehatannya.

Perawat Rutan Kelas II B Kabanjahe Mawar Br Ginting dan Rosmeri br Sembiring mengatakan, warga binaan sangat antusias dengan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Rutan Kelas II B Kabanjahe. Mereka tidak perlu merasa takut jika sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan karena tim medis selalu berjaga di poliklinik Rutan.

Komentar

Berita Terkait