Hari Lansia Nasional, Jaga Orang Tuamu dari Covid-19

Detiknews.id Surabaya – Tanggal 29 Mei 2020 bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Berkaitan dengan ini,  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tidak melupakan warga lanjut usia (lansia). Kegiatan peduli Lansia ini berada di halaman Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo Surabaya.

Gubernur Jatim edukasi Lansia / M9

Kegiatan diisi dengan edukasi dan sosialisasi akan kesehatan para lansia. Tentunya dengan protokol kesehatan,  perhatian khusus terhadap  kesehatan fisik dan mental kelompok lansia diperlukan karena mereka termasuk kelompok yang rentan terhadap penularan Covid-19.

“Di Hari Peringatan Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga dan melindungi para lansia dari risiko terpapar virus. Yang muda harus turut membantu mengedukasi mereka bagaimana menghadapi Covid-19,” ungkap Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur.

Menurut Khofifah, warga lansia harus  lebih waspada, terlebih mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti penyakit autoimun, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung.

“Apabila tertular Covid-19, lansia akan mendapatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius. Selain asupan gizi yang sehat dan berimbang, Lansia juga perlu menghindari stres karena dapat menurunkan imunitas tubuh, memacu adrenalin, meningkatkan tekanan darah dan gula darah. Serta melakukan istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya, ” jelasnya.

Khofifah juga berpesan,  bagi generasi muda yang masih punya orang tua, ikut menjaga dengan baik. Memberi dukungan untuk melewati masa pandemi Covid-19. Menemani dan ajak bicara mereka agar tidak merasa kesepian. Para generasi muda hendaknya menghormati orang tua. Begitu juga sebaliknya, jika ini terlaksana dengan baik maka kehidupan menjadi harmonis saling menghormati dan menghargai. (M9)

Komentar

Berita Terkait