oleh

Wagub Jatim Emil Dardak : Baba Rafi Plaza, Contoh Industri Kuliner UMKM Berkembang

Detiknews.id Sidoarjo – Baba Rafi baru saja meresmikan sebuah gedung bernama Baba Rafi Plaza yang terletak di Jalan Raya Kletek nomer 88, Taman Sidoarjo. Ini diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak didampingi Owner Baba Rafi Hendy Setiono. Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) adalah bisnis waralaba kebab terbesar di dunia, yang menerima berbagai penghargaan bergengsi.

AKBP Teddy Chandra S.I.K
Wagub Jatim dan Owner Baba Rafi /M9

 

Wagub Jatim Emil Dardak menuturkan, perkembangan perindustrian di Jawa Timur selalu menunjukkan progres yang signifikan setiap tahunnya. Tak terkecuali di bidang industri kuliner, Jawa Timur terus menghasil kan bibit bibit unggul berkualitas yang dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dan tentunya membantu perekonomian bangsa.


info

DetikNews.ID



setelah ini


lanjut baca berita


“Semua ini tidak lepas dari hadirnya anak muda kreatif & inovatif di Jawa Timur, serta dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak demi terwujudnya iklim perekonomian yang sehat,” tuturnya.

Lanjut Emil, dengan adanya KTBR. Harapannya, UMKM di Jawa Timur harus bisa mengembangkan sayapnya tidak hanya skala nasional, namun hingga skala Internasional.

“Sumber inspirasi wirausaha muda bisa kita dapatkan dari salah satu contoh nyata yang ada, yaitu pendiri Kebab Turki Baba Rafi, Hendy Setiono. Bermula pada tahun 2003 dengan gerobak kecil di Surabaya, Hendy Setiono mendirikan bisnis kebab yang kini sudah melegenda dan memilild 1,200 outlet d seluruh Indoresia dan 68 outlet di 9 negara berbeda (Malaysia, Singapura, Filipina, China, Brunei Darussalam, Bangladesh, India, Srilanka, dan Belanda),” tuturnya.

Owner Baba Rafi Hendy Setiono menjelaskan, setelah melakukan renovasi pada tahun 2020, gedung Baba Rafi Plaza kini siap dibuka dan beroperasional pada tahun 2021 yang pada dasamya akan difungsikan menjadi gedung inti dari aktivitas Bisnis Baba Rafi Enterprise & Hendy Setiono Foundation.

“Namun demikian, kehadiran gedung Baba Rafi Plaza ini juga dapat dijadikan “monumen” inspirasi dan motivasi bagi UMKM di seluruh Jawa Timur agar lebih semangat mengejar keberhasilan,” jelasnya. Jum’at (30/04/2021)

Dimulai dari gerobak kecil hingga memiliki 1300 outle di seluruh Indonesia dan terdapat di 10 negara. Kebab Turki Baba Rafi menjadi waralaba kebab terbesar dengan berbagai penghargaan bergengsi di dunia. Dalam beberapa tahun ke depan, Tim Kebab Turki Baba Rafi berambisi memiliki 3000 outlet di seluruh dunia. Jadilah bagian dari kisah sukses kami di Kebab Turki Baba Rafi.

Baba Rafi juga sudah berkembang pesat dan kemudian mencetak banyak brand kuliner lainnya yang kini bernaung di bawah Baba Rafi Enterprise & Hendy Setiono Foundation. Brand tersebut seperti: Ngikan, Nyapii, Foresthree Coffee, Cakekinian, Dikebab-in, dan masih banyak lagi.

Hendy menambahkan, terbaru, Baba Rafi Enterprise berkolaborasi dengan beberapa influencer untuk menciptakan brand-brand kuliner terbaru, seperti Menartea dengan menggandeng Jerome Polin dan Nyayap yang merupakan kolaborasi bersarna Youtuber, Ken & Grat.

“Harapannya, Balsa Rafi dapat terus merebarkan semangat berwirausaha terutama bagi kaun+kaum muda generasi Millenials & Gen Z,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait