Projo Jatim Gelar Konferda, Hasilnya Dukung Prabowo dan Gibran

Detiknews.id Surabaya – Relawan Pro-Jokowi (Projo) Jawa Timur menggelar Konferensi Daerah (Konferda), melalui Plt Ketua DPD Projo Jawa Timur, Handoko dengan voting menyampaikan terkait dukungan nama Gibran Rakabuming Raka sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) yang akan didukung relawan ini.

Selain itu, Bakal Calon Presiden (Bacapres) mengusung nama Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, mengungguli Bacapres lainnya, Ganjar Pranowo.

Plt Ketua DPD Projo Jawa Timur, Handoko, membenarkan soal keputusan mendukung nama Prabowo mengungguli Bacapres lainnya, Ganjar Pranowo.

“Dari 37 DPC Projo di Jatim, sebanyak 29 DPC mengajukan Pak Prabowo Subianto, 3 DPC mengajukan Pak Ganjar Pranowo, dan sisanya ngikut keputusan (Konferda),” kata Handoko ketika dikonfirmasi seusai acara.

Lanjutnya, untuk Cawapresnya, 22 DPC mengusulkan Mas Gibran dan 7 DPC mengusulkan Pak Ganjar Pranowo. Sisanya ada satu DPC mengusulkan Pak Prabowo, satu DPC ke Khofifah (Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim) dan 1 DPC ke Pak Mahfud MD (Menteri Koordinator Hukum dan HAM).

“Selanjutnya, DPD Projo Jatim akan membawa keputusan tersebut ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP Projo pertengahan Oktober ini. Rakernas nantinya akan memutuskan soal arah dukungan Projo secara nasional di Pilpres,” terangnya.

Konferda memberikan rekomendasi untuk pilihan politik yaitu mendukung pasangan capres-cawapres. Dimana Capresnya adalah Bapak Prabowo Subianto dan cawapresnya Mas Gibran Rakabuming Raka.

“Kemudian, Rakernas akan memutuskan siapa yang akan didukung. Ya tentu nantinya kami akan ikut karena kami secara organisasi. Kami akan ikut apa yang diputuskan oleh rakernas,” ungkap pria yang juga menjabat Sekjen DPP Projo ini.

Pada penyampaian aspirasi oleh pimpinan DPC, para pengurus menyampaikan sejumlah alasan memilih Prabowo untuk melanjutkan kepimpinan nasional.

“Pak Prabowo dianggap berani, tegas, berwibawa. Itu beberapa yang tersampaikan,” katanya.

Sedangkan untuk soal Cawapres, Gibran dianggap sebagai tokoh representasi anak muda. “Mas Gibran lebih pada aspek pemimpin muda sehingga dekat dengan demografis kita sekarang,” katanya.

Tak hanya soal figur pribadi Prabowo maupun Gibran, para pimpinan Projo di Jatim juga menganggap kedua figur ini dekat dengan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Presiden Jokowi disebut akan mendukung Prabowo dibandingkan calon lainnnya.

Ditambahkan, dalam situasi politik nasional, kawan-kawan Projo ini kan yang sudah mengikuti gerak langkah Pak Jokowi dari 2013.

“Tentu kawan-kawan semuanya bisa membaca gesture membaca arah, membaca gaya komunikasi dari Presiden Jokowi. Itu merupakan patron dari kita. Namun, sikap resminya nanti setelah setelah DPP memutuskan dukungan,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait