PLN dan HDF di Perancis, Kerjasama Bangun Kolaborasi Global Kembangkan Pembangkit Hidrogen

Detiknews.id Perancis – Dalam rangka mewujudkan target Net Zero Emission  2060, PT PLN (Persero) menggandeng mitra kerja global. Dengan terus mengembangkan kolaborasi strategis untuk inisiasi transisi energi di Indonesia. Menyikapi ini, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo “jemput bola” hingga ke Perancis.


info

DetikNews.ID



lanjut baca berita


Dalam lawatan kerjanya di Perancis, PLN menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hydrogen de France SA (HDF) untuk pengembangan teknologi hidrogen di Indonesia. Penandatanganan nota kesepahaman ini turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis, Olivier Becht dan Duta Besar Indonesia untuk Perancis (Andorra) dan Monaco (Mohamad Oemar).

Darmawan mengatakan kedua belah pihak punya komitmen yang sama untuk memastikan ketersediaan energi yang bersih, andal, dan terjangkau. Melalui kolaborasi ini PLN ingin mengakselerasi pengembangan teknologi hidrogen sekaligus mengurangi ketergantungan kita pada energi fosil.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada HDF atas kolaborasi ini khususnya terkait pengembangan teknologi energi yang berkelanjutan, dalam hal ini pemanfaatan hidrogen di sektor pembangkitan, kami berharap kerja sama ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua belah pihak,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, ke depannya PLN akan mengganti pembangkit-pembangkit diesel berbasis fosil di kawasan-kawasan terisolir di Tanah Air. Kerja sama pengembangan teknologi hidrogen dengan HDF ini akan menjadi solusi pemanfaatan potensi alam di Indonesia melengkapi pembangkit bertenaga surya dan angin yang memiliki intermitensi (keterbatasan faktor cuaca).

Komentar

Berita Terkait