Pelindo Regional III Serah Terimakan 30 Rumah Negara ke TNI AL

Detiknews.id Surabaya – PT. Pelindo Regional III sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menggelar serah terima pembangunan 30 unit rumah negara beserta sarana dan prasarana. Sebagai bentuk mendukung TNI AL, perumahan type 48/120 ini diserahkan secara simbolis oleh PT Pelindo III (Persero) kepada TNI AL. Kegiatan berada di Jalan Wonosari Besar Surabaya. Selasa (12/09/2023)

Komisaris utama PT Pelindo Agus Suhartono Kadisfaslanal Laksma TNI Eko Sunarjanto memotong pita / M9

Serah terima perumahan yang di buka langsung oleh Komisaris Utama PT Pelindo Agus Suhartono, didampingi Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III Putut Sri Muljanto, Regional Head Pelindo III Ardhy Wahyu Basuki, Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksma TNI Eko Sunarjanto, Kepala Dinas Perawatan Personel TNI AL Brigjen Mar. Feriyanto Pardamean dan Paban V Fasilitas Pangkalan Staff Logistik TNI AL Kolonel Abdul Rahman.

Saat melihat perumahan, Komisaris Utama PT Pelindo Agus Suhartono menuturkan, kami menyerah terimakan rumah dinas Angkatan Laut sebanyak 30 unit dari Pelindo untuk anggota TNI AL. Ini wujud kolaborasi dan hubungan harmonis antara Pelindo dan TNI AL. Sebagai BUMN memiliki tanggung jawab dalam mendukung TNI AL menjalankan tugasnya dengan maksimal dengan mendukung pembangunan fasilitas rumah negara ini.

“Rumah negara ini sebagai kompensasi dari rumah yang sebelumnya di Jalan Teluk Semangka. Lahan di jalan Teluk Semangka milik Pelindo sedangkan bangunannya milik TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu mengingat bahwa kebutuhan untuk distribusi logistik wilayah timur, PT Pelindo memerlukan lahan lebih luas. Maka rumah yang ada di sana kita relokasi sebagai kompensasi,” tuturnya.

Regional Head Pelindo III Ardhy Wahyu Basuki dan Kadisfaslanal Laksma TNI Eko Sunarjanto menunjukkan MoU serah terima perumahan / M9

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksma TNI Eko Sunarjanto menjelaskan, ini perumahan yang memenuhi kelayakan, hal sangat baik dan lebih sehat.

“Kami dari TNI Angkatan Laut mengucapkan terimakasih atas kebaikan dari PT Pelindo jadi rumah kami pada posisi yang tidak layak menjadi layak. Ini solusi bagi kami, dari jumlah 24 atas kebaikan dari PT Pelindo, kami di bangunkan 30 unit rumah sebagai pengganti,” jelasnya.

Komisaris utama PT Pelindo Agus Suhartono dan Kadisfaslanal Laksma TNI Eko Sunarjanto melihat kondisi rumah / M9

Menurutnya, ini relokasi dimana sebelumnya 24 KK warga kami yaitu anggota yang ada di Teluk Semangka. Untuk direlokasi ke rumah ini, jika sudah selesai di sana akan kita manfaatkan untuk penimbunan barang.

“Sebelumnya, disana yang ditinggali perumahan type 44. Sedangkan saat ini yang kami terima type 48 / 120. Setelah terima kunci, maka kami berharap tidak lama lagi warga bisa pindah. Karena masih satu wilayah dan satu kecamatan Perak. Kendalanya, perpindahan sekolah putra-putrinya nanti. Tidak lama setelah pindah nanti, pasti akan kami kosongkan dan serahkan kepada Pelindo. Selain itu, usulan penghapusannya sedang dalam proses berjalan,” ungkapnya.

Lanjutnya, ini adalah wujud sinergitas antara Pelindo dengan TNI AL adalah wujud cermin sinergitas. Pelabuhan Tanjung Perak ini adalah sebagai pintu distribusi logistik wilayah Timur. Kami antara TNI AL selaku pengaman jalur laut nusantara dengan Pelindo sebagai distributor Nusantara, dapat berjalan dengan baik.

“Kami berharap kedepannya sinergitas ini tetap terjaga. Kedepannya, kita dapat meningkatkan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya juga dari Angkatan Laut yang menerima rumah ini,”tandasnya.

Perlu diketahui, perumahan yang diserahkan dari PT. Pelindo III kepada TNI AL adalah type 48 / 120 yang dibangun di lahan TNI AL. Dengan fasilitas 3 kamar tidur, 1 carport, 1 ruang tamu, 1 ruang dapur, 1 kamar mandi, 1 taman didepan rumah dan beberapa meter sisa tanah di belakang rumah. (M9)

Comment

Berita Terkait