Legenda Batik Nusantara Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa Prodi D4 Tata Busana Vokasi Unesa 

Detiknews.id Bandung – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prodi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi melakukan pameran Legenda Batik Nusantara. Ini merupakan even ke 55 yang diselenggarakan oleh Maxindo Communication di Graha Manggala Siliwangi tanggal 29 November hingga tanggal 3 Desember 2023 di Jalan Aceh 66 Bandung.

Legenda Batik Nusantara merupakan Expo Batik, Tenun, Kain Nusantara dan Craft Indonesia. Tim pameran antara lain, Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds, selaku Koordinator D4 Tata Busana, Silmy Ni’mah Fadhilah, S.T, M.Ds DLB D4 Tata Busana, dan Mahasiswa D4 Tata Busana Dinda Anisa Nur Hidayah.

Peserta pameran diikuti oleh lebih dari 90 tenant dari para pengusaha/ UMKM tingkat menengah hingga atas yang terdiri dari, UMKM batik, bordir, tenun, pakaian jadi, craft dan kuliner di seluruh Indonesia. Dihadiri dari instansi pemerintah, masyarakat potensi buyer, warga negeri Indonesia/asing, komunitas pecinta batik dan 40.000 data base potensial buyer.

Koordinator D4 Tata Busana Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds menuturkan, hari ini kami mengikuti kegiatan Pameran Legenda Batik Nusantara. Ini sudah ke 5 kalinya, diselenggarakan oleh Maxindo Communication.

“Tujuannya adalah untuk melestarikan dan sebagai apresiasi rasa cinta dan bangga atas warisan leluhur yang tak ternilai harganya, agar warisan budaya Leluhur dapat terus Lestari sehingga tak akan lekang oleh waktu dari generasi ke generasi,” tuturnya. Rabu (29/11/2023)

Menurut Irma, Prodi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu peserta yang memamerkan produk-produk batik hasil penelitian dosen dan mahasiswa.

“Harapan dari kegiatan pameran yang dilakukan oleh Prodi D4 Tata Busana, untuk memperkenalkan dan mempromosikan Prodi D4 Tata busana pada masyarakat serta prodi-prodi yang ada di fakultas vokasi yakni, Prodi D4 Teknik Listrik, D4 Manajemen informatika, D4 Teknik Mesin, D4 Teknik sipil, D4 transportasi, D4 Tata Boga, D4 Tata Busana, D4 Kepelatihan Olahraga, D4 Administrasi negeri, D4 Desain grafis,” pungkasnya.

Untuk informasi, Prodi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya memamerkan hasil karya antara lain, Banesa (Batik Tanah Unesa) hasil penelitian dari Dr. Irma Russanti, S.pd., M.Ds.

Kemudian Batik Semanggi, hasil penelitian Indarti, S.Pd., M.Sn. , Batik Gala hasil penelitian Dra. Urip Wahyuningsih, M.Pd, dan Batik Candikala hasil penelitian P2MD yang diketuai oleh Norma Hamidah mahasiswa D4 Tata Busana dimana motifnya mengambil dari pohon jarak. (M9)

Komentar

Berita Terkait