Larangan Mudik H2, Kapolres Tanjung Perak dan Petugas Gabungan Siaga di GSN

Detiknews.id Surabaya – Dalam rangka upaya pencegahan sebaran Covid-19. Terlihat sepi tidak ada penumpang yang mudik. Kapolres Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH didampingi Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Nanang Efendi dan para petugas gabungan dari instansi Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak juga anggota Pramuka terlihat bersiaga di Posko Terpadu Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Pada bagian depan pintu masuk ruang tunggu terminal, layanan protokol kesehatan (prokes) screening kesehatan antisipasi Covid-19 dan G-Nose tetap dibuka. Kendati tidak tampak satu orang pun calon penumpang yang datang untuk menggunakan layanan prokes tersebut, para petugas tetap bersiaga.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Nanang Efendi mengatakan layanan pelabuhan untuk perjalanan laut masih tetap dibuka seperti sediakala.

“Namun, hanya diperuntukkan kepada calon penumpang dengan tujuan perjalanan kategori khusus,” terangnya. Jum’at (07/05/2021)

Selain itu, seperti Aparatur Sipil Negera (ASN), anggota Polri atau TNI, yang sedang menjalankan instruksi kedinasan. Harus dibuktikan dengan keabsahan seberkas surat.

“Ada juga masyarakat dengan tujuan mungkin ada keluarga meninggal, atau sakit, itu tetap diperbolehkan,” ujarnya.

Tidak semua kegiatan perjalanan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dihentikan. Khusus kapal pengangkut logistik masih tetap diperbolehkan beroperasi sesuai jadwal.

Hari ini, ungkap Nanang, terdapat lima kapal yang dijadwalkan berangkat menuju pelabuhan di Banjarmasin.

“Kapal pengangkut logistik, diantaranya KM Niki Sae berisi 19 truk muatan logistik, KM Niki Nila Utama berisi 24 truk, dan Pelni Leuser. “Sama sekali tidak mengangkut penumpang,” jelasnya.

Sementara Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH memastikan para personil akan tetap melakukan pengamanan dan penjagaan serta penyekatan untuk mencegah mudik Lebaran.

“Kami akan melakukan pengawasan dengan ketat sehingga tidak ada arus mudik lewat jalur laut ini,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait