Kojanorsa dan KJNI Dukung Indonesia Sehat, Ajak Senam dan Jalan Nordik di HUT ke-1

Komunitas Jalan Nordik Indonesia

Detiknews.id Surabaya – Komunitas Jalan Nordik Surabaya (Kojanorsa) dan Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) siap mendukung tercapainya Indonesia sehat 2045. Menggelar Jalan Sehat, Senam Nordik, dan pelantikan Ketua Cabang dari daerah di HUT ke-1 dan penyerahan SK dan pengalungan syal Kojanorsa kepada 5 Ketua Ranting di Surabaya.

Ketua KJNI DPD Jatim menyerahkan SK dan syal kepada 5 Ketua Ranting di Surabaya / M9

Menghadirkan Ketua Pusat KJNI Andi Ilham Said, Ketua KJNI DPD Jawa Timur Dr. dr. Koernia Swa Oetomo, Sp.B(K) Finacs, Kabid Olahraga Erringgo Perkasa Disbudporapar Kota Surabaya, dan ratusan Ketua/anggota KJNI dari berbagai kota di Jawa Timur. Kegiatan dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Mars KJNI oleh Dra. Gadis Heria Noerdiana. Dengan Ketua Panitia Drs. Suhargono, SH, MH.

Ketua KJNI DPD Jatim menyerahkan cinderamata kepada undangan yang hadir di kegiatan HUT ke-1 / M9

Ketua KJNI Andi Ilham Said, saat sambutan menuturkan, kebanggaan bagi KJNI dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Kojanorsa yang bertepatan dengan HUT ke -1. Sebelumnya, KJNI sering melaksanakan kegiatan di DKI Jakarta, Jogjakarta, Solo, Jateng dan terakhir di Jatim.

Baca Juga
Kodam XII/Tpr Gelar Senam Bersama TNI, PNS Persit Se-Garnizun Pontianak

“Kami bangga dengan kegiatan ini, semua bahagia, semua gembira dan semua orang mengeksplor. Kepedulian, keguyupan dan kesolidan yang luar biasa di miliki oleh Kojanorsa. Menikmati hidup ini dengan bersyukur. Kami melakukan berbagai kegiatan di berbagai tempat dengan peserta terakhir 1300. Tahun ini kegiatan akan diselenggarakan di Jawa Timur. Malang di bulan November, peserta nantinya lebih dari 1500,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KJNI DPD Jawa Timur Dr. dr. Koernia Swa Oetomo, Sp.B(K) Finacs atau panggilan akrab dr. Onny memaparkan, hari ini HUT ke-1 Kojanorsa. Acaranya dari kita untuk kita, kegiatan lainnya ada pelantikan DPC KJNI di Madiun dan pelantikan ranting Kojanorsa di Surabaya. Pemotongan tumpeng, Jalan Sehat Nordik dan Senam Nordik. Untuk total peserta ranting Kojanorsa pusat ± ada 500, untuk Kojanorsa cabang ± ada 1000 peserta. Untuk pelantikan, minimal 30 anggota sudah bisa diresmikan.

Baca Juga
Ditpamobvit Polda Banten Meriahkan Family Gathering Dengan Jalan Sehat

“Senam Nordik atau Jalan Sehat Nordik dengan 2 tongkat bisa mengaktifkan 90 persen otot kita, untuk lebih kuat. Mayoritas semua yang ikut jalan sehat, usia diatas 60 tahun. Tujuan KOJANORSA, menyehatkan tubuh kita. Untuk membuat otot-otot baik, dengan jalan Nordik lutut kita dipelihara. Karena beban tubuh kita jadi 1/3 yang disangga, karena tangan kita menjadi kaki. Jadi kalori yang dibakar lebih besar daripada kita naik sepeda ataupun lari. Hasilnya, dari jalan 20 menit,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini rutin di Kampus C rutin Pk. 06.00 Wib, setiap Sabtu. Sedangkan di ranting ITS Kobarseno setiap Senin-Jumat di semua Cabang. Selain jalan Nordik, kegiatan juga diisi dengan berbagi kebahagiaan.

“Harapannya ke depan, seluruh penduduk Indonesia sehat dengan Jalan Nordic. Untuk Jalan Sehat Nordik minimal 30 menit, dengan rute melintasi Jalan Jemursari, Jalan Margorejo, Jalan Ahmad Yani dan kembali di Jalan Jemursari,” ungkapnya. Sabtu (20/01/2024)

Baca Juga
Jalan Sehat Hari Santri Nasional 2023, 60 Umroh dan Mobil Gratis Bahagia Bersama 500 Ribu Umat

Walikota Surabaya Eri Cahyadi melalui Kabid Olahraga Erringgo Perkasa Disbudporapar Kota Surabaya menambahkan, Pemerintah Kota Surabaya memfasilitasi masyarakat, jika olahraga bersama komunitas.

“Silahkan jika hendak menggunakan Lapangan Tambaksari maupun GBT. Mari olah raga bersama, kami pemerintah Kota Surabaya mendukung kegiatan kesehatan yang digelorakan oleh KOJANORSA. Salam sehat bugar gembira luar biasa,” tandasnya.

Kegiatan diisi dengan jalan Nordic, senam pemanasan, pemotongan tumpeng dan pelantikan Ketua KJNI DPC Madiun oleh Ketua KJNI DPD Jawa Timur. Penyerahan SK dan pengalungan syal Kojanorsa kepada Ketua Ranting Rungkut: dr.Bakti Surarso Sp.THT (K), Ketua Ranting Gayungan: dr Rudy Herdisampurno, DFM, Ketua Ranting Wisdik : Drs. Suhargono, SH, MH, dan Ketua Ranting Surinda : Fauzi, SE,MM. Ditutup dengan ramah tamah dan pembagian doorprize. (M9)

Komentar

Berita Terkait