Ketua KPU Jatim : Hasil Tes Kesehatan Tiga Bapaslon Mampu dan Negatif Narkoba

KPU Jatim

Detiknews.id Surabaya – Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi usai menerima hasil tes kesehatan fisik dan psikologi Tiga Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo. Selain itu, Tiga Bapaslon telah melewati pemeriksaan narkotika oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim.

Tiga Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, yaitu: Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak, menjalani pemeriksaan tanggal 28 dan 29 Agustus. Sedangkan, Tri Rismaharini – Zahrul Azhar Asumta, dan Luluk Nur Hamidah – Lukmanul Hakim, menjalani pemeriksaan tanggal 31 Agustus dan 1 September 2024.

Pemeriksaan kesehatan baik fisik dan psikologi atau kejiwaan ini sebagai syarat wajib pencalonan kepala daerah untuk berkontestasi di Pilkada Jatim 2024. Usai mengikuti tes kesehatan dan dinyatakan mampu untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menjelaskan, pihak RSUD dr. Soetomo menyimpulkan tiga Bapaslon yang dilakukan pemeriksaan jasmani dan rohaninya, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan baik fisik dan psikologi dianggap mampu.

“Jadi rekomendasi majelis tim pemeriksa disampaikan yang bersangkutan mampu atau tidak mampu. Gabungan pemeriksaan jasmani dan rohani, tim pemeriksaan dokter terdiri dari sekian dokter menyimpulkan ketiga Bapaslon Jatim dianggap mampu,” tutur Aang.

Aang juga menjelaskan, KPU memastikan bahwa ketiga Bapaslon yang akan mengikuti Pilgub Jatim 2024, juga telah melewati pemeriksaan narkotika oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim. Dari hasil tes narkoba dinyatakan negatif.

“Kesimpulan tiga Bapaslon tidak terindikasi pernah melakukan penyalahgunaan narkotika, dari hasil tes narkoba pun dinyatakan negatif,” tandas Aang Kunaifi, Senin (02/09/2024)

Sebagai informasi, KPU Jatim akan mengumumkan administrasi hasil tes kesehatan semua Bacakada pada 5 – 6 September 2024. Sedang penetapan pasangan calon dilakukan pada 22 September 2024. (M9)

Komentar

Berita Terkait