Kapal KRI Nanggala-402 Terbelah Tiga, Ditemukan oleh Kapal Singapura MV Swift Rescue

Detiknews.id Bali – KRI Nanggala-402, akhirnya bisa ditemukan oleh Kapal Singapura MV Swift Rescue. Metode yang dilakukan dengan Metode evakuasi sesuai standar The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (Ismerlo). Tenggelamnya Kapal KRI Nanggala-402 yang mengalami hilang kontak saat sedang menjalani latihan di perairan Bali. Kapal selam buatan Jerman itu ditemukan terbelah menjadi tiga bagian dan berada di dasar laut dengan kedalaman 838 meter.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono S.E, M.M, didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono S.E, M.M, didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P / M9

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto menuturkan, KRI Nanggala-402 membawa 53 personil TNI AL itu diduga kehilangan kontak tidak lama setelah diberi izin menyelam dan diperkirakan sedang berada di kedalaman 700 meter di bawah permukaan air.

“Kapal selam berusia 44 tahun itu dilengkapi dengan cadangan oksigen yang hanya dapat bertahan selama 72 tahun. Meski begitu sampai saat ini pencarian masih terus dilakukan untuk mengevakuasi,” tuturnya.

Lanjut Panglima TNI, untuk melihat lebih detail, upaya pemindaian juga dibantu oleh kapal MV Swift Rescue dari Singapura.

“Dengan menggunakan robot bawah laut yang disebut Remotely operated underwater vehicle (ROV), MV Swift Rescue mengecek temuan KRI Rigel,” terangnya.

Mungkin Anda Suka

Komentar

Berita Terkait