Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Lestarikan Budaya Bangsa, Edukasi Batik dan Kopi

Detiknews.id Surabaya –  Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, ikut merayakan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2022 dan hari kopi sedunia tanggal 1 Oktober 2022. Dengan menggelar belajar membuat Batik kepada semua yang hadir juga membatik diatas kopi. Dengan menggabungkan batik dan kopi menjadi sesuatu seni yang kreatif, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya ikut melestarikan budaya bangsa.

Batik ditetapkan oleh UNESCO merupakan warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbedawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity). Bersamaan dengan adanya hari kopi sedunia, Mercure Grand Mirama menggabungkan batik dan kopi menjadi sesuatu seni dan kreatif.

Kali ini, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama telah bersinergi dengan salah satu UMKM yang dikelola oleh Wiwit manfaati untuk mengelola limbah hasil hotel. Program ini sejalan dengan program grup Accor, planet 21 dengan melakukan 3R (reduce, reuse, dan recycle).

Limbah hasil hotel yang disumbangkan kali ini ke UMKM ini adalah linen bed sheet (kain) yang sudah tidak dipakai. UMKM yang memproduksi tas dari limbah enceng gondok dan tas batik ini mengolah linen bed sheet (kain) tersebut batik jumputan. Wiwit akan mempraktekkan cara membatik dengan metode jumputan. Batik jumputan merupakan batik ikat celup disini Wiwit akan mengajarkan pula cara membuat batik tersebut.

“Dalam kesempatan ini, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama ingin membuat inovasi selain membatik diatas kain, membatik juga dapat dilakukan diatas kopi. Coffee latte art merupakan suatu seni melukis kreatif diatas kopi. Di acara ini rekan media dan influencer Surabaya akan diajak berkreasi bersama dalam membatik dan membuat coffee latte art. Barista akan membagi pengetahuannya dari awal, proses, dan akhir,” ungkap Diane Lauerentia Marcom & Sr. Mice Manager.

Mungkin Anda Suka

Komentar

Berita Terkait