Dirlantas Polda Jatim Sebut Laka Lantas 83 Persen Akibat Human Error

Anev 2023

Detiknews.id Surabaya – Ditlantas Polda Jatim menggelar analisa dan evaluasi kinerja 2023, secara kualitas dan kuantitas angka kecelakaan di tahun 2023 menurun. Hal ini disampaikan oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Komaruddin didamping PJU Ditlantas Polda Jatim. Kegiatan berada di Gedung Sat PJR Polda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Komaruddin menuturkan, Ditlantas Polda Jatim juga telah melakukan pengamanan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024, aman, lancar dan kondusif. Selain itu, diawal tahun 2024, Ditlantas Polda Jatim juga menyiapkan program yaitu berupa himbauan Mahameru Lantas.

“Mahameru Lantas adalah ajakan kepada masyarakat untuk empati dengan ikut menegur ketika ada permasalahan berlalu lintas. Dimana 83 persen kecelakaan terjadi dalam berlalu lintas adalah Human Error,” tutur Dirlantas Polda Jatim Kombes Komarudin. Rabu (03/01/2023)

Baca Juga
Ditlantas Polda Jatim, Analisa Evaluasi Hasil E-TLE

Lanjutnya, Kasatgas Operasi Lilin Semeru 2023 setelah melaksanakan kegiatan pelaksanaan operasi lilin yang semalam selesai tepat pukul 24.00 telah kita lakukan analisa evaluasi terhadap berbagai kegiatan atas sebuah konsep yang dilakukan dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Selama kurun waktu pelaksanaan operasi terhitung mulai tanggal 22 Desember hingga tanggal 2 Januari 2024 untuk mobilisasi masyarakat yang menggunakan kendaraan baik roda dua, roda empat dan seterusnya sampai dengan penggunaan angkutan umum seperti bis yang beroperasi di wilayah Jawa Timur,” jelasnya.

Menurutnya, sebagaimana prediksi yang telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan bahwa dari 107,6 juta perjalanan. Sejumlah 16 hingga 17 persen di wilayah Jawa Timur, terbukti dengan data yang tercatat selama pelaksanaan operasi di wilayah Jawa Timur ada peningkatan mobilisasi di jalan raya yang rata-rata harian 16 hingga 22 persen tercatat.

Baca Juga
INCAR, Inovasi Ditlantas Polda Jatim Permudah Kinerja Polri

Untuk akses jalan tol rotasi sebanyak 250 ribu kendaraan. Sejumlah 930 jenis kendaraan yang melintas. Alhamdulillah, hasil pantauan sampai dengan semalam seluruh titik-titik ruas-ruas jalan yang menjadi target ataupun atensi kami tidak ada kendala.

Ditlantas Polda Jatim juga berbagai upaya rekayasa melakukan mulai dari pengalihan penutupan, pembatasan akses dan lain sebagainya. Ini cukup berhasil sampai dengan semalam seluruh perlintasan atau seluruh titik-titik yang menjadi perhatian tidak ada kendala di perjalanan masyarakat melalui sarana transportasi baik Stasiun, Bandara dan juga Pelabuhan.

Peningkatan yang cukup tinggi seperti contohnya di Bungurasih tingkat mobilisasi ataupun kedatangan dan pergi sampai dengan 486.727.

Ditambahkan oleh Dirlantas, yang perlu kami sampaikan adalah Anev 2023 terhadap situasi lalu lintas di mana selama pelaksanaan operasi dari tanggal 22 hingga 2 Januari terjadi sebanyak 747 kasus kecelakaan lalu lintas mengakibatkan 39 orang meninggal dunia dibandingkan tahun 2022. Jumlah korban meninggal turun hingga 9 persen. Sedangkan, korban luka berat turun hingga 16 persen dari tahun sebelumnya. (M9)

Baca Juga
Ditlantas Polda Jatim Jelang Mudik Lebaran Kampanyekan Tertib Lalu Lintas

Komentar

Berita Terkait