BI Jatim Cetak Jurnalis Ekonomi yang Profesional dan Berkualitas

Detiknews.id Yogyakarta – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (BI Jatim) Budi Hanoto membuka Media Gathering dan Capacity Building. Didampingi Harmanta, Deputi Senior KPw BI Jatim, Rizki Ernadi Wimanda,  Deputi KPw BI Jatim dan Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat, Ronny Sugiantoro, SE, MM. Kegiatan Media Gathering ini bertujuan membentuk jurnalis ekonomi yang profesional dan berkualitas. Menyampaikan kepada masyarakat pemberitaan yang baik dan benar. Selain itu, menggali dan membangun potensi jurnalis ekonomi. Melalui pemberitaan yang positif, jurnalis ikut membantu pemulihan ekonomi nasional.

Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat, Ronny Sugiantoro, SE, MM menjelaskan, Jurnalis sebagai kontrol informasi kepada masyarakat. Menjadi jurnalis yang profesional dan berkualitas. Potensi penulisan berita digali dan disuguhkan seorang jurnalis untuk menyampaikan hal positif kepada masyarakat. Salah satunya mengetahui teknik pemberitaan yang baik dan benar.

ONNEWS

“Dalam penulisan jurnalis diharapkan seimbang dalam pemberitaan, kemudian lebih diperhatikan penulisan berita itu seperti straight news, feature, reportase, artikel dan kolom. Selain itu penting diperhatikan tentang akurasi data, akurasi istilah, kalimat jangan terlalu panjang dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baku,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk hasil maksimal dari pemberitaan yang menarik. Dengan memanfaatkan grafis, ilustrasi foto dan judul yang interaktif.

“Harapannya, jurnalis bisa menyajikan pemberitaan yang positif, profesional dan berkualitas. Memahami latar belakang dan kebijakan. Bisa mengembangkan tulisannya terhadap semua nara sumber. Menjaga hubungan baik dengan nara sumber,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait