PT Freeport Indonesia Didukung PLN Operasi Tambah Daya Tahap Ketiga 110 MVA di JIIPE Gresik

PLN

Detiknews.id Gresik – PT PLN (Persero) terus berkomitmen dalam mendukung peningkatan nilai tambah bagi produk tambang dalam negeri lewat hilirisasi mineral. Pengoperasian Tahap Ketiga ini melanjutkan keberhasilan PLN dalam melayani kebutuhan listrik sebelumnya untuk PT Freeport Indonesia yakni Tahap Pertama sebesar 30 MVA pada September 2023 dan Tahap Kedua pada Februari 2024.

PLN sukses tambah daya tahap tiga untuk PT Freeport Indonesia di KEK JIIPE Gresik / M9

“PLN siap memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan suplai energi listrik dengan daya besar dan andal dalam mendukung pertumbuhan industri smelter di kota Gresik dan sektor industri lainnya,” kata Agus Kuswardoyo, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur.

Kecukupan pasokan listrik menjadi hal penting dan harapannya melalui operasional PT Freeport Indonesia di Gresik ini akan mendoroing tumbuhnya industri yang lebih hilir lagi. Hal ini tentunya akan menimbulkan multiplier effect untuk pertumbuhan sektor industri dan bisnis di Kabupaten Gresik.

Baca Juga
PLN Bangun PLTS 50 MW di IKN Nusantara Berbasis EBT, Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking 

Penyediaan tenaga listrik oleh PT PLN (Persero) kepada PT Freeport Indonesia melalui KEK dengan operator PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera dilakukan dalam 4 (empat) tahap: Tahap Pertama sebesar 30 MVA, Tahap Kedua sebesar 60 MVA, Tahap Ketiga sebesar 110 MVA dan Tahap Keempat sebesar 170 MVA, dan PLN siap mendukung percepatan Tahap Keempat yang akan direalisasikan pada tahun 2024. PLN memiliki peranan penting menyediakan pasokan Listrik yang andal dan berkualitas bagi industri smelter di seluruh Indonesia dalam mendongkrak perekonomian negara.

“Industri smelter sebagai salah satu proyek strategis nasional untuk mendukung hilirisasi mineral di Indonesia, dan PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik untuk industri smelter sehingga pengelola smelter bisa semakin produktif dengan fokus pada bisnis intinya,” jelas Agus.

Baca Juga
PLN Ajak Mitra Binaan Gelar Inacraft, Raih Omset Ratusan Juta

Hadir dalam pengoperasian tahap ketiga, Perwakilan PT Freeport Indonesia Alan Hammerton mengapresiasi pelayanan cepat dan sigap PLN termasuk kebutuhan akan energi bersih yang dilayani melalui skema Renewable Energy Certificate awal Maret lalu.

“Kami mengapresiasi PLN dalam menyediakan kebutuhan daya listrik kami sesuai dengan waktu yang disepakati, PLN sebagai partner kami dalam penyediaan listrik telah menunjukkan upaya dan komitmennya terhadap pertumbuhan industri,” ungkap Alan. (M9)

Komentar

Berita Terkait