KPw BI Jatim dan Pemerintah Gelar HLM Bersama TP2DD Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah

BI Jatim

Detiknews.id Surabaya – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (KPw BI Jatim) kolaborasi bersama Pemerintah Jawa Timur, menggelar High Level Meeting (HLM) Rapat Koordinasi Wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Jawa Timur. Selasa (07/05/2024)

HLM 2024 berada di Gedung Negara Grahadi, dipimpin oleh Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. Dihadiri seluruh anggota TP2DD Provinsi Jawa Timur serta Ketua TP2DD (Bupati/ Walikota) 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Dengan tema “Penguatan Komitmen Perluasan ETPD & Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah untuk Jatim Bangkit, Terus Melaju”.

Pj. Gubernur Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono menyampaikan arahan mengenai urgensi penguatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), yang disepakati dengan komitmen bersama seluruh TP2DD se Jawa Timur dengan judul “5M Komitmen ETPD untuk Jatim Bangkit, Terus Melaju”,

“Komitmen tersebut, yaitu : (1) Meningkatkan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dalam kategori “DIGITAL”; (2) Menggunakan Kartu Kredit Indonesia (KKI) Segmen Pemerintah Daerah di Jawa Timur; (3) Mengoptimalkan penggunaan kanal pembayaran non-tunai, khususnya QR Code Indonesia Standard (QRIS) untuk transaksi Pemerintah Daerah; (4) Meningkatkan kualitas layanan dan ekosistem digital melalui pengembangan inovasi oleh Bank Jatim; (5) Memperkuat edukasi dan literasi keuangan digital kepada masyarakat Jawa Timur,” jelasnya.

Baca Juga
BI Jatim Distribusi Uang Layak Edar Rp 7,7 Miliar, Terapkan Program ERB Bersama TNI AL 

Selain itu, Pj Gubernur Jawa Timur menyampaikan 3 kategori apresiasi ETPD Jawa Timur, yaitu (1) Pemda yang telah mencapai Indeks ETPD 100 persen pada periode Semester II-2023, yaitu Kota Blitar dan Kabupaten Ngawi; (2) Tiga besar Pemda di Jawa Timur dengan realisasi KKI tertinggi sampai dengan April 2024, yaitu Kota Madiun, Kab. Madiun, dan Kota Surabaya; (3) OPD di lingkungan Pemerintah Prov. Jawa Timur dengan realisasi KKI tertinggi yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur.

HLM Rakorwil TP2DD se Jawa Timur merupakan forum koordinasi antara TP2DD Provinsi Jawa Timur dengan TP2DD di 38 Kabupaten/Kota se Jatim, untuk mendiskusikan isu – isu terkini dan upaya akselerasi penggunaan transaksi pembayaran non tunai di lingkungan Pemda.

Baca Juga
High Level Meeting dan Rakor TPID, Bahas Soal Inflasi Jatim serta Strategi 4K

Upaya ini dilakukan dari sisi penerimaan maupun pengeluaran/ belanja daerah mendorong pertumbuhan ekonomi melalui optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Saat ini, Indeks ETPD seluruh Pemda di Wilayah Jawa Timur telah masuk kategori Digital dengan rata – rata indeks 95,2 persen.

Meski demikian, Implementasi ETPD di Jawa Timur masih memerlukan peningkatan komitmen dan dukungan Kepala Daerah serta seluruh elemen pendukung ETPD untuk memonitor implementasi transaksi non tunai, baik dari sisi penerimaan maupun belanja daerah.

Penguatan ETPD dari sisi penerimaan memerlukan inovasi dan transformasi pemungutan Pajak Daerah & Retribusi Daerah (PDRD) menjadi non – tunai, melalui kanal – kanal pembayaran non tunai/digital.

Baca Juga
BI Jatim Siapkan 24,5 Triliun, Serentak Layani Tukar Uang di 500 Titik

Sedangkan dari sisi belanja pemerintah, penggunaan Kartu Kredit Indonesia (KKI) segmen Pemda diharapkan dapat mempermudah dan mendukung realisasi belanja daerah. Hingga April 2024, sebanyak 89,5 persen atau 35 dari 39 Pemda telah menerbitkan Perkada KKI.

Dalam kesempatan ini, Kepala BI KPw Jatim Erwin Gunawan Hutapea juga menyampaikan komitmen dukungan Bank Indonesia selaku otoritas sistem pembayaran serta sebagai bagian dari TP2DD untuk mendukung terbentuknya ekosistem pembayaran non tunai dan integrasi ekonomi keuangan digital di daerah.

KPw BI Jatim juga siap mendukung semua upaya yang diperlukan oleh Pemda untuk memperluas penggunaan kanal pembayaran non tunai, khususnya QRIS dan Kartu Kredit Indonesia (KKI) segmen pemerintah daerah untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah, untuk Jatim Bangkit Terus Melaju. (M9)

Komentar

Berita Terkait