IFBC 2022 Digelar AFI Bangkitkan Ekonomi Nasional, Hadirkan Ratusan Merek Bisnis Kuliner

Detiknews.id Jakarta – Dalam rangkaian momen Sumpah Pemuda Nasional. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo menggelar pameran waralaba serta peluang usaha nasional terkini yaitu Info Franchise & Business Concept 2022 (IFBC). Dengan tema Ready, Get Set dan Grow. Pameran ke 159, ini berlangsung tiga hari di Hall 3 ICE BSD Tangerang.

Pameran ini digelar Asosiasi Franchise Indonesia bersama dengan PT Neo Expo Promosindo (Neopromosindo) pada akhir Oktober 2022. Untuk menyuguhkan oase referensi bisnis waralaba dan peluang usaha terkini dan dapat membangkitkan ekonomi nasional, usai dampak dari pandemi.

Deklarasi ‘Wirausaha IMPACT’ bersama para franchisor, pelaku usaha, UMKM dan lintas profesi yang akan dipimpin oleh Bapak Dr. H. Moeldoko, S.I.P., Kepala Kordinator Kantor Staff Presiden. Diskon besar, bonus kemitraan dan sejumlah bisnis kekinian serta kesempatan berbisnis bersama selebriti.

Tersedia 2 tipe tiket masuk, yakni tiket harian dan tiket kunjungan tiga hari dengan harga ekonomis. Dihadiri Ratusan merek usaha baik franchise (waralaba) maupun konsep peluang usaha hadirkan solusi cara mudah berwirausaha.

Menghadirkan 150 merek usaha baik waralaba maupun konsep peluang usaha. Kegiatan yang disponsori oleh PT Pegadaian (Persero) ini memberikan kemudahan finansial dan ragam investasi bagi pelaku usaha.

Berbagai macam bisnis franchise dan peluang usaha di kegiatan ini pun tawarkan ragam peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari 4 Juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

IFBC tahun 2022 ini telah sukses terselenggara sebelumnya pada agenda Jakarta (Juni), Semarang (Juli) dan Surabaya (September). Trend berwirausaha kini banyak dipilih pemuda, tercatat pengunjung pameran IFBC 2022 pada 3 kota terakhir 40 persen mereka yang berusia 30 tahun ke bawah.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebagaimana dilansir Badan Pusat Statistik bertumbuh dengan angka pertumbuhan sebesar 5,44% (YoY) pada triwulan 2 tahun 2022 dan secara triwulanan, ekonomi nasional tumbuh 3,73% (QoQ) tersebut cukup mengesankan, terlebih di saat berbagai negara di dunia telah mengalami resesi teknis.

IFBC 2022 dan AFI akan memberikan sejumlah apresiasi, diantaranya; Apresiasi IFBC Akademisi Waralaba Indonesia 2022, Apresiasi IFBC Franchise & Business Opportunity of The Year 2022, Apresiasi IFBC Business Support of The Year 2022, dan Apresiasi IFBC Community Partner of The Year 2022 pada acara pembukaan pameran (28/10).

Ratusan pengusaha bisnis kuliner baik Foodcourt, Celebpraneur, Kedai kopi dan minuman, Komunitas UKM dan Wirausaha, dan UKM binaan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Selain itu acara didukung dari bisnis Babershop, Jasa Binatu, Retail, Usaha Pendidikan, Investasi dan Properti, juga berbagai macam bisnis pendukung lainnya.

Apresiasi IFBC Akademisi Waralaba Indonesia diberikan kepada Bapak Dr. H. Solihin SH., MH., C. Med. (desertasi perihal Hukum Waralaba) dan Bapak Prof. Agus W Soehadi, Ph.D. (dosen Univ.Prasetya Mulya). Apresiasi IFBC Celebpreneur Award 2022 kali ini diberikan kepada Jenita Janet (Pengusaha Basreng Gonjreng).

Sedangkan untuk Apresiasi IFBC Franchise of The Year 2022 diberikan kepada Alfamart, Indomaret, dan Air Minum Biru. Apresiasi IFBC Business Opportunity of The Year 2022 diberikan kepada Dum Dum Group, Debe Slim, Erafone, dan SpeedQueen Laundry. Apresiasi IFBC Business Support of The Year diberikan kepada iSeller (POS System), dan Gocorp by Gojek. Apresiasi IFBC Community Partner of The Year diberikan kepada Sahabat UMKM. (M9)

Comment

Berita Terkait