oleh

Dukung Kesejahteraan Petani Porang Desa Klangon, BRI Beri 58.3 Miliar KUR

Detiknews.id Madiun – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Madiun yang berlokasi di Jalan Pahlawan nomer 50 Madiun, ikut berkontribusi dalam kesuksesan Petani Porang di wilayah Madiun. Terkait ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami, Walikota Madiun H Maidi melakukan kunjungan kerja ke Pabrik Pengolahan Porang.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Porang menjadi Komoditas pilihan Presiden Jokowi untuk menjadi Komoditas andalan baru di Indonesia. BRI telah mendampingi Petani Porang dengan pembiayaan KUR 6 persen per tahun dengan total 58,3 M dan tersebar kepada 1.486 Petani.

Presiden Jokowi dialog bersama petani Porang di Madiun / M9

Saat kunjungan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, siang hari ini saya datang ke Kabupaten Madiun untuk melihat Pabrik Pengolahan Porang di PT Asia Prima, yang menurut saya dari pengolahan yang ada di Asia Prima ini memberikan nilai tambah yang baik, utamanya kepada Petani.

“Saya tadi menanyakan kepada para  Petani, “Perhektare bisa berapa ton?”, bahwa 1 hektare bisa (menghasilkan) 15 sampai 20 ton,” tuturnya.

Lanjut Jokowi, kemudian hasilnya per musim tanam, di musim tanam pertama itu bisa sampai 40 juta (ton) dalam kurun delapan bulan. Ini sebuah nilai yang sangat besar, pasarnya juga masih terbuka lebar.

“Dan kita tahu Porang ini akan menjadi makanan masa depan karena Low Calorie, Low Carbo, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula, sehingga saya kira ini akan menjadi makanan sehat ke depan. Ini Porang juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah,” terangnya.

Jokowi juga menyampaikan, kepada Menteri Pertanian untuk betul-betul kita seriusi Komoditas baru ini, Komoditas Porang.

“Kami harapkan kita akan tidak mengekspor Porang dalam bentuk mentahan, tetapi seperti yang tadi kita lihat di sini, ini sudah setengah jadi, bisa jadi tepung. Dan Insyaallah nanti tahun depan sudah akan menjadi barang jadi, yaitu menjadi beras Porang,” ungkapnya.

Lurah Desa Klangon Didik Kuswandi mengucapkan, terimakasih dengan kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Pabrik Pengolahan Porang.

“Bapak Presiden kesini dalam rangka memberi apresiasi kepada para petani Porang. Selain itu, untuk berdialog langsung bersama petani Porang,” jelasnya.

BRI dengan Program Pojok Mantri Desa telah melakukan pendampingan para Petani Porang oleh Mantri BRI serta memberikan support prasarana Balai Serbaguna/ Study Porang di Desa Klangon dan Gapura Porang. BRI mensupport penuh petani Porang untuk kemajuan dari hasil Porang. Harapannya, dalam kegiatan ini BRI ingin petani Porang semakin maju. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar