PLN Konvoi Gandeng Komunitas Motor Listrik dan Polisi 

PLN

Detiknews.id Malang – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, menggelar konvoi motor listrik bersama komunitas motor listrik dan polisi. Kegiatan yang bertajuk “Ride the Future with PLN, Drive Electric”, yang didukung dari Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Jawa Timur, Martindar Jalu Respati menyampaikan, konvoi digelar untuk memperingati HPN sekaligus mengampanyekan gaya hidup serba elektrik dan bebas karbon.

“Kami ingin mendekatkan diri dengan pelanggan dan mengenalkan kepada masyarakat, tentang electrifying lifestyle seperti motor listrik. Sebagai upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik. Kita dapat mengurangi emisi CO2, terlebih saat ini kendaraan listrik mengalami kenaikan yang signifikan,” ungkap Jalu.

Berdasarkan data dari Dinas ESDM Jatim. Hingga bulan Juli 2024, total kendaraan listrik sejumlah 13.248. Terdiri atas 11.072 R2 dan 2.176 R4 digunakan masyarakat di Jawa Timur.

Tercatat juga dari data transaksi pengisian di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN hingga bulan Agustus 2024, telah mencapai 15.252 transaksi. Konsumsi listrik sebesar 319.787 kWh, ini menunjukkan peningkatan drastis yaitu sebesar 362 persen (YoY) tahun 2023.

Ketua Kosmik Jayim, Ahmad Rifai mengaku sangat beruntung ada motor listrik yang sangat ramah lingkungan dan perawatannya sangat mudah.

“Saya sudah menggunakan motor listrik selama 2 tahun dan mobil listrik selama 1 tahun. Kami mendapatkan banyak kemudahan dan manfaatnya. Mulai dari kenyamanan yang tidak bising, lebih hemat dan operasionalnya tidak memerlukan biaya perawatan,” jelasnya.

PLN UP3 Madura memberikan apresiasi  telah menyediakan SPLU dan SPKLU yang semakin banyak.

“Saya tidak khawatir saat melakukan touring dari Jawa Timur ke Bandar Lampung waktu lalu,” ungkap Rifai.

Satlantas Polresta Kota Malang juga turut memberikan edukasi kepada para pengguna kendaraan motor.

“Motor listrik, tidak ada suaranya, jadi mohon para pengguna untuk lebih berhati-hati. Patuhi rambu-rambu dan tertib berlalu lintas. Budayakan melakukan pengecekan kondisi kendaraan listriknya setiap akan digunakan, ini upaya mengurangi potensi kecelakaan di jalan raya,” pesan Iptu Wahyu Dwi Hidayat, Kanit Kamsel Satlantas Polresta Kota Malang.

General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo menyampaikan bahwa PLN siap mendukung transisi energi di tanah air salah satunya lewat penyediaan infrastruktur electric vehicle secara masif.

“Saat ini ada 115 SPKLU di 52 lokasi tersebar di seluruh Jawa Timur. Dengan semakin bertambahnya kendaraan listrik, PLN akan menambah lagi 100 unit SPKLU pada lokasi-lokasi strategis,” pungkas Agus. (M9)

Komentar

Berita Terkait