Kapolres Bojonegoro Hadapi Bencana, Cek Kesiapsiagaan dan Simulasi Desa Tanggap Bencana

Polres Bojonegoro

Detiknews.id Bojonegoro – Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH., SIK., M.Si., memimpin apel siaga bencana sekaligus melihat simulasi penanganan bencana banjir di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro, Rabu (07/02).

Dalam apel tersebut juga dihadiri Pejabat Utama (PJU) Polres Bojonegoro, perwakilan dari Kodim 0813/Bojonegoro, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Kepala Pelaksana(Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Ardhian Prianto, Kapolsek rayon VI dan Kades se Kecamatan Gondang.

Selesai apel siaga bencana, Kapolres Bojonegoro langsung melakukan pengecekan sarana prasarana seperti tempat pengungsian, mobil evakuasi, dapur umum, posko kesehatan, jalur evakuasi, mobil ambulance dan perahu untuk mengevakuasi warga.

“Hari ini kita lakukan apel kesiapsiagaan, pengecekan baik sarana prasarana dan simulasi desa tanggap bencana, dengan tujuan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa atau kontijensi,” ucap Kapolres, AKBP Mario Prahatinto kepada awak media ini di lokasi.

Baca Juga
Laili Waiteu dan ACT Jatim, Sedekah Extreme Ribuan Oase untuk Korban Bencana

Lanjut Mario, dengan simulasi desa tanggap bencana merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

“Dengan adanya simulasi desa tanggap bencana, harapannya semua dapat berjalan dengan optimal sehingga berdampak positif terhadap peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam upaya penanggulangan bencana harus dengan persiapan yang baik,” katanya.

Menanggapi adanya perubahan cuaca yang terjadi terutama di masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, ia mengingatkan semua pihak terkait agar responsif dan segera melakukan berbagai persiapan serta tindakan penanggulangan bencana alam. (D1)

Komentar

Berita Terkait