Distribusi Qurban, Laznas BMH Survei Kampung Samin di Bojonegoro

Detiknews.id Surabaya – Distribusi Qurban digalakan oleh Tim Pemberdayaan Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur. Terkait ini dilakukan survei di beberapa daerah terpencil.  Sebagai upaya mencari secara langsung daerah-daerah yang layak diberi bantuan Hewan Qurban. Berdasarkan survei yang dilakukan, tim dari Laznas BMH memilih kampung Suku Samin, sebagai rencana Distribusi Qurban tahun ini.

Kampung Samin yang berlokasi di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Bojonegoro merupakan daerah pedalaman yang berada di daerah Hutan Jati Perbatasan Bojonegoro dan Ngawi. Mereka merupakan salah satu kelompok masyarakat adat yang tinggal di pedalaman Bojonegoro Jawa Timur dan juga Blora, Jawa Tengah yang masih memegang teguh adat dan tradisi.

ONNEWS

Imam Muslim, selaku Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Jawa Timur mengungkapkan, kegiatan survei dilakukan dalam usaha menemukan titik-titik baru pendistribusian hewan qurban. Agar sebaran hewan qurban lebih merata dan tidak menumpuk di satu kota.

“Kami selama beberapa hari ini keliling di Jawa Timur, untuk meninjau lokasi yang menjadi titik distribusi qurban, salah satunya di Kampung Samin ini,” ungkap Muslim.

Hingga saat ini tim BMH masih disebar ke beberapa daerah lain, untuk mendapatkan lokasi baru pendistribusian hewan Qurban. Ia berharap, semakin banyak daerah miskin dan kekeringan yang terdata, maka akan semakin mudah pula pendistribusian hewan qurban hingga ke pelosok desa.

Jamin, Takmir Masjid Al Huda Dusun Jepang setempat menuturkan,

“Warga di Dusun Jepang ini kalau musim Qurban masih sangat langka, dan pernah ada kiriman dari Ngawi namun tidak mencukupi 274 kepala keluarga di sini. Mudah-mudahan tahun ini warga bisa merasakan daging Qurban lagi,” pungkas Jamin. (M9)

Komentar

Berita Terkait