Bank Jateng Friendship Run, Dongkrak Bisnis UMKM Kota Medan

Detiknews.id Medan – Bank Jateng Friendship Run Medan digelar di Medan, Sumatera Utara. Ini menjadi kota kesembilan yang disambangi rangkaian Bank Jateng Friendship Run. Diikuti sekitar 1.000 pelari serta melibatkan komunitas lari di Medan. Kegiatan berada di tempat Lapangan Benteng sebagai titik start dan finish.

Bank Jateng Friendship Run di Medan, diikuti 1000 pelari / M9

Friendship Run Medan dibuka oleh Poppy, Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu membawa bendera, didampingi Budiman Tanuredjo Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, bersama tim.

Poppy, Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu menuturkan, Bank Jateng Friendship Run ini menjadi “pemanasan” dari Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang.

“Tujuan  diadakan Bank Jateng Friendship Run, untuk menularkan semangat ke 10 kota besar di Tanah Air. Bank Jateng Friendship Run Medan dimeriahkan antara lain penampilan kreativitas pelari dalam Best Costume serta interactive instalation oleh seniman lokal yang berasal dari Magelang,” tuturnya. Minggu (17/9/2023)

Acara dibuka dengan tarian lokal Tarian Pembuka Tari Kuntulan Magelang, dengan perpaduan Tari Zapin dan Tari Tor-tor. Pada area Race Village, peserta bisa mencoba pengalaman dalam instalasi interaktif, dengan menempelkan stiker pada papan sesuai nomor yang sudah tertera. Setelah semua stiker ditempel, sebuah gambar akan terbentuk.

Baca Juga
Bisnis Kuliner Maju, Jungle Cafe Group Terima Platinum Food and Drink Award 2022

Instalasi interaktif ini diadakan di setiap kota dengan gambar yang berbeda. Nantinya, saat race day akan digabungkan dan menjadi satu kesatuan gambar dari 10 kota.

Serupa dengan penyelenggaraan sebelumnya, selain berlari rangkaian Bank Jateng Friendship Run Surabaya juga menampilkan budaya dan kuliner lokal Magelang guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari. Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Sehari sebelumnya, Sabtu (16/9/2023) digelar The Tour yang bertujuan menghidupkan ekosistem lari di Indonesia. The Tour diselenggarakan secara mandiri oleh perwakilan komunitas di masing-masing kota, yang di adakan oleh Komunitas Run Medan dan 4 komunitas lari lain di Medan.

Selain itu, dilakukan pula sharing session, games dan juga door prize slot berlari di Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

Baca Juga
FESTRO Digelar G Suites Hotel Surabaya dan Universitas Ciputra Tingkatkan Ekonomi UMKM

Pada hari yang sama, juga dilakukan Race Pack Collection, di mana peserta mendapatkan collectible jersey yang dibuat berkolaborasi dengan seniman lokal.

Tahun ini, “Voice of Unity” digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari dengan juga mendukung aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat.

Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon.

Tak berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, rangkaian Bank Jateng Friendship Run Medan juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari. Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Dalam rangkaian pre-event ini, Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang.

Baca Juga
Kata Menko Kemaritiman, Tumbuh 5,17 Persen UMKM Memperkuat Ekonomi Indonesia

Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pasca pandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal.

Selain Medan, Bank Jateng Friendship Run telah hadir di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin. Setelah Medan, kegiatan juga akan diadakan di Palembang sebagai penyelenggaraan terakhir Bank Jateng Friendship Run 2023.

Di samping itu, The Tour juga kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan Bank Jateng Friendship Run.

Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional. Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour Bank Jateng Pawone dan Race Day. (M9)

Komentar

Berita Terkait