Survei Lokasi Qurban, Laznas BMH Sisir Pedalaman Jember

Detiknews.id Jember – Menjelang datangnya idul Qurban yang kurang beberapa hari lagi, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menyisir hingga pedalaman Jember, Jawa Timur untuk melakukan survei langsung lokasi penyaluran hewan Qurban 1444 Hijriyah.

Bertempat di Dusun Batu Ampar, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini terletak di perbukitan dengan wilayah disekelilingnya berupa lahan persawahan dan hutan.

Untuk akses menuju ke dusun tersebut, hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor. Kondisi jalan berbatu dan lumpur saat musim hujan. Dengan lebar setapak dikelilingi perbukitan.

Ada sebanyak hampir 70 KK yang tinggal disana. Dengan menempati rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan sebagian besar belum ada akses listrik. Karena jauhnya akses listrik ke dusun mereka.

Sehingga saat malam hari, warga tidak mempunyai penerangan yang cukup. Warga hanya menggunakan alat seadanya seperti lilin dan lampu minyak.

Selain itu, warga sebagian besar adalah buruh tani dan berkebun. Sehingga jarang ada qurban di dusun tersebut.

“Alhamdulillah tahun kemaren BMH, bisa menyalurkan 1 Sapi dan 6 Kambing untuk warga di Dusun Batu Ampar ini,” ujar Riyadi, Kepala BMH Jember.

Harapannya tahun ini, ada distribusi qurban lagi untuk mereka agar warga bisa menikmati daging qurban saat tiba hari raya idul adha, tutup Riyadi.(D1)

Komentar

Berita Terkait