Detiknews.id Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus konsisten dalam menghadirkan pelayanan maksimal bagi pelanggan. Dalam hal ini, sarana milik KAI juga terus ditingkatkan yang diharapkan bisa menciptakan _Customer Exprerience_ dan juga menghadirkan _Service Excellent_ bagi pelanggan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa terdapat 6 KA keberangkatan dari Daop 8 Surabaya yang telah menggunakan rangkaian KA dengan seri _Stainless Steel New Generation_ (SSNG). “Ini menjadi bukti bahwa KAI mendengarkan masukan pelanggan, sehingga selalu mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman,” ujarnya.
Berikut adalah KA keberangkatan Daop 8 Surabaya yang telah menggunakan rangkaian sarana SSNG :
1. KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir
2. KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir
3. KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir
4. KA Jayabaya relasi Malang – Pasarsenen
5. KA Gayabaru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen
6. KA Majapahit relasi Malang – Pasarsenen
Sarana ini, tambahnya, memiliki berbagai keunggulan dibanding sarana sebelumnya, diantaranya :
– _USB charger port_ pada kursi;
– _Passenger Information Display System_ (PIDS) di ujung rangkaian yang menampilkan informasi;
– Memiliki 2 Toilet dengan meja lipat yang bisa berfungsi untuk mengganti popok bayi;
– Mushalla di kereta makan;
– Rangkaian Kereta Makan yang diperbarui lebih mewah dengan interior dan furnitur premium;
“Keunggulan lainnya, Kereta _New Generation_ ini menggunakan jendela dengan _tempered double glass,_ pintu masuk kereta dan penghubung antar kereta menggunakan pintu elektrik otomatis yang memudahkan dalam membuka atau menutup pintu,” ucapnya.
KAI akan terus mengupgrade kereta-kereta yang sudah ada. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu, terlebih di masa Libur Nataru 2024/2025.
_*15.648 Pelanggan Gunakan KA di Daop 8 Surabaya*_
Berdasarkan data yang dimiliki oleh KAI Daop 8 Surabaya pada Kamis (19/12), pukul 10.00 wib, tercatat 15.648 pelanggan yang akan berangkat dari Daop 8 Surabaya pada hari ini. Sedangkan, terdapat 15.705 pelanggan dengan tujuan Daop 8 Surabaya.
“Jumlah ini masih akan terus bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung,” katanya.
Secara keseluruhan, pemesanan tiket KA pada periode Nataru 2024/2025 di Daop 8 Surabaya tanggal 19 Desember 2024 s/d 5 Januari 2025, tercatat sebanyak 182.901 pelanggan, dan yang datang di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya tercatat 180.530 pelanggan.
Berikut adalah stasiun keberangkatan dan kedatangan paling favorit di Daop 8 Surabaya pada Kamis (19/12/24) :
_Stasiun Surabaya Pasarturi_
Keberangkatan : 4.194 pelanggan;
Kedatangan : 4.205 pelanggan;
_Stasiun Surabaya Gubeng_
Keberangkatan : 3.933 pelanggan;
Kedatangan : 4.352 pelanggan;
_Stasiun Malang_
Keberangkatan : 3.078 pelanggan;
Kedatangan : 2.414 pelanggan.
Ditambahkannya, bahwa KAI Daop 8 Surabaya setiap hari mengoperasikan 54 KA dengan 30.582 tempat duduk setiap hari selama Libur Nataru 2024/2025.
KAI Daop 8 Surabaya mengimbau kepada seluruh calon pelanggan untuk memperhatikan kembali tiket serta jadwal keberangkatan KA, dan juga menyiapkan waktu tempuh yang cukup untuk menuju stasiun agar tidak tertinggal KA.(D1)
Komentar