Detiknews.id Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 5.482.292 juta pelanggan di tahun 2023, jumlah tersebut meningkat 32 persen. Dibanding jumlah pelanggan di Tahun 2022 yang tercatat sebanyak 4.150.266 pelanggan.
Selain itu, KAI Daop 8 Surabaya juga telah melaksanakan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dari tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 (18 hari).
Pelayanan KAI Daop 8 Surabaya membuktikan dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api terus menunjukkan peningkatan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengucapkan banyak terima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih moda transportasi kereta api dalam melakukan mobilitas sehari-hari,” ucapnya. Senin (08/01/2024)
Tujuan para pelanggan dari Daop 8 Surabaya tersebut yakni KA jarak jauh ke segala kota di Pulau Jawa, seperti ke Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.
Luqman arif menambahkan, selama di tahun 2023 ini KAI Daop 8 Surabaya telah menghadirkan berbagai inovasi dalam peningkatan pelayanan pelanggan.
“Mulai dari mengoperasikan KA baru, percepatan waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh, Face Recognition Boarding Gate, air minum gratis, hadirnya kereta suite class compartment, kereta Panoramic, dan yang terbaru yakni ruang Luxury Lounge Surabaya Gubeng,” ujarnya.
Lebih lanjut, di tahun 2023 ini KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan sebanyak 44 KA jarak jauh reguler dan 12 KA fakultatif. Kedepannya, KAI akan terus menghadirkan berbagai kemudahan layanan kepada pelanggan baik saat di stasiun maupun diatas KA.
Transportasi Kereta Api, memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi lain. Mulai dari bebas kemacetan, keamanan, kenyamanan, hingga ketepatan waktu.
“KAI berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan dengan melakukan berbagai inovasi terbaru demi kepuasan para pelanggan,” terangnya.
KAI Daop 8 Surabaya melaksanakan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dari tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 (18 hari). Berjalan dengan aman dan lancar. Selama Nataru tersebut, KAI Daop 8 Surabaya melayani 386.909 pelanggan, atau 20 persen lebih tinggi dari Nataru 2022/2023 yang tercatat sebanyak 323.306 pelanggan.
Manager KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa puncak volume tertinggi pada libur perayaan Natal 2023 terjadi pada Sabtu, (23/12) yang tercatat sebanyak 28.872 pelanggan. Sementara itu, puncak volume pada libur menjelang Tahun Baru 2024 terjadi pada Minggu (31/12), dengan 20.507 pelanggan berangkat dari Daop 8 Surabaya.
“Tujuan yang terfavorit masyarakat pada periode Nataru ini adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan juga arah Banyuwangi,” terangnya.
Luqman Arif menambahkan, stasiun di Daop 8 Surabaya dengan volume keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Surabaya Gubeng dengan 118.918 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasar Turi 113.253 pelanggan, Stasiun Malang 68.081 pelanggan, dan selebihnya dari stasiun lain di wilayah Daop 8 Surabaya.
Sedangkan untuk stasiun kedatangan di wilayah Daop 8 Surabaya paling tertinggi yakni Stasiun Surabaya Gubeng 119.809 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasar Turi 106.018 pelanggan, Stasiun Malang 60.536 pelanggan, dan di stasiun lain di wilayah Daop 8 Surabaya, seperti Mojokerto, Sidoarjo, Bangil, Lamongan, hingga Wlingi.
Atas kelancaran pelaksanaan Posko Nataru 2023/24, KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, Pemerintah Daerah, komunitas pecinta kereta api dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung kelancaran angkutan Nataru ini.
“Ucapan terimakasih juga dipersembahkan kepada para pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi,” tambahnya.
KAI Daop 8 Surabaya secara umum akan terus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan di wilayah Daop 8 Surabaya. KAI berkomitmen untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihan utama masyarakat dalam melakukan mobilitasnya. (M9)
Komentar