Pesan Tiket KA Bulan Februari 2025, KAI Terapkan GAPEKA dan Buka Bertahap Mulai Januari

KAI Daop 8 Surabaya

Detiknews.id Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama DJKA Kemenhub terus berkolaborasi dalam meningkatkan layanan perkeretaapian di Indonesia.

Pesan Tiket KA bulan Februari 2025, KAI membuka secara bertahap mulai Januari. Selesainya finalisasi Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, penjualan tiket kereta api antarkota untuk perjalanan di bulan Februari 2025 sudah dapat dilakukan secara bertahap.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan, KAI akan menerapkan pola Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, ini bagian dari upaya KAI dan DJKA Kemenhub, untuk meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia. Beberapa peningkatan dilakukan meliputi peningkatan keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut.

“Dalam aspek keselamatan, jadwal perjalanan kereta api semakin optimal dengan jadwal perjalanan yang jauh lebih terencana sesuai update sarana dan prasarana terkini. Keandalan prasarana dan sarana juga ditingkatkan melalui modernisasi infrastruktur rel dan penambahan armada kereta api yang lebih andal,” katanya.

Pemesanan tiket KA antarkota di wilayah Daop 8 Surabaya, pada bulan Februari 2025 sudah dapat dilakukan secara bertahap pada Senin (1/1). Ini apabila perjalanan KA, belum tersedia di platform penjualan, pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala.

“Pelanggan yang memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center KAI, melalui telepon 121 atau media sosial resmi @KAI121,” terangnya.

Sementara itu, penjualan tiket KA pada Nataru 2024/2025 atau mulai 19 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 326.596 pelanggan yang berangkat, dan 310.330 pelanggan yang turun di Daop 8 Surabaya.

Para pelanggan yang berangkat ini didominasi dengan KA tujuan Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi.

Berikut adalah KA jarak jauh paling favorit pelanggan selama Nataru 2024/2025 di Daop 8 Surabaya :

1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen;

2. KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang;

3. KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang;

4. KA Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol;

5. KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi – Ketapang;

6. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta;

7. KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen.

Sedangkan, berdasar data pada Kamis (2/1) pukul 10.00 wib, tercatat 16.318 pelanggan yang berangkat dari Daop 8 Surabaya pada hari ini, dan 17.419 pelanggan yang turun di wilayah Daop 8 Surabaya.

“Pelanggan yang berangkat hari ini, masih akan terus bertambah. Karena penjualan masih terus berlangsung,” ungkapnya.

Berikut adalah stasiun dengan kedatangan paling favorit pelanggan di Daop 8 Surabaya : Stasiun Surabaya Gubeng, turun : 5.866, naik : 4.311. Stasiun Surabaya Pasarturi,  turun : 4.844, naik : 4.718. Stasiun Malang, turun : 2.912, naik : 2.479

Secara komulatif penjualan tiket KA di Daop 8 Surabaya, pada periode Libur Nataru 2024/2025 atau 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, telah tercatat sebanyak 356.596 pelanggan yang berangkat, dan sebanyak 341.605 pelanggan yang turun di Daop 8 Surabaya. (M9)

Komentar

Berita Terkait