Tekan Angka Kecelakaan, Inovasi Jalan Setapak Satgas Yonif 734 Diapresiasi Warga

Detiknews.id, – Inovasi pembuatan jalan setapak sepanjang jalan utama bagi pejalan kaki oleh Satgas Yonif 734/SNS berhasil menekan kecelakaan di Desa Teluk Buli, akibat jalannya yang sempit.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 734/SNS, Letkol Inf Edwin Charles, dalam rilis tertulisnya di Maluku, Jumat (6/9/2019)

Dansatgas menjelaskan, luas jalan yang kecil dan sempit serta dipakai dua arus kendaraan serta sebagai akses utama oleh pejalan kaki, menyebabkan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas antara pengguna kendaraan dengan pejalan kaki.

“Kami sering melihat bahwa jalan dua arus ini seringkali menyerempet pejalan kaki yang berjalan di tepi jalan, apalagi korbannya adalah wanita dan anak-anak sekolah dasar,” ungkap Charles.

Baca Juga
Cegah Banjir, Satgas Yonif 734 Bangun Sanitasi di Halmahera Timur

Selanjutnya personel Satgas Pos 7 Buli yang dipimpin Danpos Buli (Sertu M. Nur Baba) beserta empat orang anggota lainnya berinovasi untuk membuat jalan setapak agar pejalan kaki nyaman dalam memakai jalan umum.

Sebelumnya, mereka telah berkoordinasi dengan Kepala Desa, Bhabinkamtibmas untuk merealisasikan jalan setapak agar pejalan kaki merasa aman dan nyaman dalam menggunakan jalan umum.

Harapannya, dengan adanya jalan setapak yang baru saja dibangun dapat membantu dan memberikan solusi agar kedepan masalah kecelakaan bisa dihindari dan korban pejalan kaki dapat ditekan, karena pejalan kaki tidak usah khawatir dalam memakai jalan umum lagi.

Kepala Desa Teluk Buli, H. Ishak Adam, mengatakan bahwa pembuatan jalan setapak ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Yonif 734 untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas antara pengguna kendaraan dan pejalan kaki.

Baca Juga
Inovasi Satgas Pamtas Yonif R 408, Kartu BPJS Nenek Maria dan Puluhan Warga

“Masyarakat merasa senang dengan dibuatnya jalan setapak, sehingga membuat para pejalan kaki pengguna jalan umum merasa aman dan nyaman berjalan sampai ke titik tujuan. Kami selaku perwakilan dari warga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada Satgas Yonif 734 karena sudah memberikan sumbang asihnya untuk warga Teluk Buli,” ucap H. Ishak.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait