Skill Tim Rescue Indonesia Membanggakan Dalam Event MIREC

0 1.770

Detiknews.id – Indonesia ikut bertanding dalam event “MIREC” (Malaysia International Rescue Extrication Challenge) 1st Tahun 2019. Kegiatan event di laksanakan di kawasan Sunway Velocity Malaysia. Event ini di ikuti oleh 7 negara, masing masing negara dengan total 9 team. Indonesia mengirim 2 team dari instansi berbeda.

Team Indonesia A adalah gabungan dari beberapa perusahaan Tambang mineral Oil dan Gas serta perusahaan jasa PJK3 yang tergabung dalam Organisasi Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) dibawah pengawasan Kementerian ESDM ( Energi Sumber Daya Mineral) dan Team Indonesia B diwakili oleh team Rescue Jasamarga Pandaan Jawa Timur. Dengan masing-masing team terdiri dari 5 orang.

Wawan Syafwanuddin Praktisi Kebakaran dan P3K mengatakan, MIREC event adalah salah satu event untuk menguji kemampuan para team Rescue untuk melakukan penyelamatan korban kecelakaan kendaraan yang terperangkap dalam kendaraan saat kecelakaan.

BUPATI KARO

” Kecelakaan kendaraan yang biasa terjadi di jalan raya ataupun lokasi perusahaan – perusahaan tambang. Skenario dibuat sesuai dengan kondisi sesungguh nya korban kecelakaan kendaraan yg umum terjadi. Seperti posisi kendaraan terbalik roda diatas, roda disamping, kendaraan tersusun, tertindas dengan kondisi korban masih berada terjepit dalam kendaraan,” tuturnya.

Adv PMS
ADV Korem 045 Garuda Jaya

Lanjut Wawan, dalam event ini team rescue di nilai dari kesigapan dan kerjasama team dalam mengeluarkan atau menyelamatkan korban dengan cara aman, cepat dengan menggunakan peralatan Extrication yaitu peralatan untuk memotong bagian kendaraan, memecahkan kaca serta membongkar bodi kendaraan utk mengeluarkan korban.

” Masing-masing team mempunyai waktu maksimal 30 menit untuk mengeluarkan korban yang terperangkap dalam kendaraan dan termasuk juga penanganan medis dari team rescue,” ungkapnya. Kamis (18/07/2019)

Hasil Team Indonesia A, team berhasil menyelamatkan korban keluar dari kendaraan pada menit ke 25. Untuk Pengumuman Juara, besok akan diumumkan.Team Juri yang berdedikasi dan kompeten di bidangnya, berasal dari Belanda dan Malaysia.

Harapan kedepannya, agar pemerintah Indonesia lebih memberikan perhatian khusus pada pengembangan Skill team Rescue khusus nya Asosiasi IFRC yang juga sudah terjun langsung pada daerah- daerah bencana di Indonesia dibawa komando ESDM Siaga Bencana. (M9)

- Advertisement -

Comments
Loading...